Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Agar Ibadah Haji Bisa Digelar Tahun Ini Pemerintah Diminta Lobi Arab Saudi

Republiknews
Sabtu, 10 April 2021, April 10, 2021 WIB Last Updated 2021-04-10T10:07:26Z


Republiknews.com – Jakarta, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid berharap Pemerintah melalui Kementerian Agama, bisa melakukan lobi tingkat tinggi kepada Pemerintah Arab Saudi sehingga pelaksanaan haji tahun ini bisa digelar. Sebab, jika harus kembali ditiadakan seperti tahun lalu maka jumlah antrean calon jamaah akan semakin panjang.


“Kepastian keberangkatan jemaah haji akan mempengaruhi persiapan yang dibutuhkan. Ingat, rombongan haji merupakan delegasi bangsa yang membawa nama baik negara, serta berpengaruh terhadap citra kita di tingkat internasional,” kata Gus Jazil dalam Diskusi Empat Pilar MPR dengan tema ‘Menanti Kepastian Pemberangkatan Haji 2021’ di Media Center MPR/DPR/DPD RI, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat (9/4/2021).


Gus Jazil- sapaan akrab Jazilul Fawaid menambahkan, pihaknya juga berharap Pemerintah RI bisa memperjuangkan kuota haji agar tidak dikurangi, meskipun Pemerintah Arab Saudi berencana memberlakukan pembatasan jumlah jamaah haji untuk melindungi keselamatan jamaah. 


Gus Jazil mengatakan, persoalan haji ini adalah urusan diplomasi. Terutama masalah  kuota haji menjadi urusan diplomasi Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi.


“Sebagai Wakil Menteri Agama dikatakan canggih jika kuotanya bertambah. Jadi ada sisi yang lain namanya sisi diplomatik antara Indonesia dengan Arab Saudi,” tutur Gus Jazil.


Sementara itu, Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, pihaknya terus berhubungan dengan pemerintah Arab Saudi untuk mendapatkan kepastian keberangkatan jemaah asal Indonesia pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2021. 


“Hingga kini belum ada jawaban pasti dari pemerintah kerajaan Arab Saudi menyangkut pelaksanaan ibadah haji, termasuk soal kuota yang diberikan kepada tiap-tiap negara, ” ujarnya.


“Bukan hanya dengan Indonesia, sampai saat ini belum ada satu negara pun yang memperoleh kepastian tentang pelaksanaan haji tahun 2021,” lanjut Zainut Tauhid. Jcn – (T.L)

Iklan

iklan