Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Bappenas : 2063 Tak Ada Lagi Profesi Petani Terkait Turunnya Pekerja Di Sektor Pertanian

Republiknews
Senin, 19 April 2021, April 19, 2021 WIB Last Updated 2021-04-19T08:28:49Z


Republiknews.com – Jakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan pada 2063 tak ada lagi profesi petani seiring dengan turunnya pekerja di sektor pertanian. Hal ini dikarenakan para pemuda desa yang lebih memilih bekerja di kota besar ketimbang menjadi petani di desanya. 


“Porsi petani muda yang rendah di Indonesia harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah. Keadaan ini harus diantisipasi oleh semua pihak untuk menemukan solusi dalam mewujudkan regenerasi Petani”, ujar Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin melalui keterangan resminya, Minggu (18/04/2021).


Seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun 1976 proporsi pekerja Indonesia di sektor pertanian mencapai 65,8 persen. Namun, pada 2019 turun signifikan menjadi hanya 28 persen saja. Dari data tersebut sudah cukup membuktikan kalau profesi petani kalah jauh dibandingkan profesi lainnya.


Jadi, lanjut senator muda asal Bengkulu tersebut, pemerintah perlu membuat rancangan strategis khususnya kepada generasi muda (millenial) agar berminat menjadi petani kedepannya.


“Yang utama harus kita lawan adalah stereotip terhadap kesejahteraan kehidupan para petani. Ada pandangan bahwa menjadi petani itu pasti menjadi orang susah dan miskin. Makanya generasi muda lebih memilih sektor pekerjaan lain dibanding hidup dalam sektor pertanian, ” kata Sultan. (Jcn/T.L)

Iklan

iklan