GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pangdam XIII/ Merdeka Dampingi Dankodiklat TNI AD Tinjau Latihan Garuda Shield


Republiknews.com, Sulut- Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han) mendampingi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Anto Mukti Putranto, S.Sos dan Asistem Latihan (Aslat) Kasad Mayjen TNI Harianto dalam meninjau persiapan latihan bersama Garuda Shield 15/2021 antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat di wilayah Kodam XIII/Merdeka, Jumat (23/4/2021).


Saat diwawancarai oleh media Dankodiklat TNI AD mengatakan bahwa latihan bersama yang diselenggarakan di Kodam XIII/Merdeka merupakan serangan tingkat batalyon sehingga melibatkan kurang lebih sebanyak 240 personil yang terdiri dari 120 personel TNI AD 120 dan 120 Personel dari pihak Amerika Serikat.


menurut Dankodiklat TNI AD, penyiapan yang telah dilakukan oleh Kodam XIII/Merdeka sudah bagus meskipun baru pertama kali menyelenggarakan, namun persiapan yang telah dilakukan cukup matang sehingga hal ini dapat mengangkat moril personel TNI AD karena latihan ini bersifat Internasional. 


"Penyiapan latihan ini menurut saya sudah bagus dan ada beberapa masukan yg perlu support dari komando atas karna ini latihan tingkat internasional." Ujar Letjen TNI A. M. Putranto


"Tentunya latihan ini akan mengangkat harkat martabat prajurit TNI AD secara profesional." Lanjut Letjen TNI A. M. Putranto


Sedangkan Aslat Kasad menuturkan bahwa medan yang digunakan untuk pelaksanaan latihan Garuda Shield 15/2021 ini mulai dari daerah Assemble hingga daerah sasaran cukup menantang, karena daerah latihan yang dipilih hampir merupakan daerah operasi yang sebenarnya, sehingga melalui latihan ini prajurit AD dapat melakukan sharing dan saling berbagi pengalaman tugas dengan personel Amerika yang notabenenya memiliki pengalaman tugas yang banyak di daerah Irak, Afganistan dan di negara-negara lain. 


"Latihan bersama ini memberikan gambaran seperti apa nanti akan kita hadapi di daerah operasi yg sebenarnya." Tutur Mayjen TNI Harianto


Turut ditinjau oleh Dankodiklat TNI AD bersama Aslat Kasad diantaranya yaitu Komando Latihan (Kolat) Garuda Shield 15/2021 yang berpusat di Desa Makalisung Kabupaten Minahasa Utara dan Secata Rindam XIII/Merdeka yang akan dijadikan Barak tempat tinggal personel latihan baik TNI AD maupun personel AD Amerika Serikat. (Tzr)


Autentikasi :

Kolonel Kav M. Jaelani

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.