Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Pemkab Minut Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2021Di Lapangan Upacara Kantor Bupati Minut

Republiknews
Kamis, 22 April 2021, April 22, 2021 WIB Last Updated 2021-04-22T11:57:26Z


Republiknews.com – Minut, Bertempat di Lapangan upacara Kantor Bupati Minahasa Utara Kel. Airmadidi Atas Kec. Airmadidi Kab. Minahasa Utara, (21/4/2021) Pagi, telah dilaksanakan Apel kesiapsiagaan bencana alam dalam rangka peringatan BMKG yang mendeteksi adanya potensi bibit Siklon tropis 94W di Samudera Pasifik dari timur laut Papua.


Bertindak selaku Pembina Apel Kapolres Minut (AKBP Grace A. Rahakbau, SIK., M.Si.) dan pemimpin apel Danramil 1310-03/Likupang Kodim 1310/Bitung (Kapten Inf Djhon Datangmanis). 


Hadir juga dalam kegiatan, Mayor Inf Jemmy Lotulung (Pabung Minut mewakili Dandim 1310/Bitung), Ir. Jemmy H Kuhu, MA., (Sekda Minut), dr. Lily Lengkong (Plt. Kabankesbangpol Minut), Hanny Tambani, S.Sos., M.Si. (Staf Ahli Bidang Pembangunan), Sammy Rompis. (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan), dr. Jane Symons, M.Kes. (Asisten 1 Kab. Minut), Drs. Alan Mingkid (Asisten 2 Kab. Minut), Roby Parengkuan, SH. (Kasatpol PP dan Kebakaran Kab. Minut), Dra. Yofieta Supit (Kepala BPBD Kab. Minut) dan Camat se-Kab. Minahasa Utara


Sambutan Bupati dibacakan oleh Kapolres Minut AKBP Grace A. Rahakbau, SIK., M.Si., yang mengatakan, Pertama kali ditetapkan pada tanggal 26 April 2017 dengan maksud untuk memperingati momen bersejarah ditetapkannya undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana maka dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana nasional seluruh masyarakat diarahkan turut berpartisipasi dalam membentuk masyarakat lebih tangguh menghadapi bencana lewat latihan uji sistem sop uji personil melalui simulasi atau di lapangan.


Di tahun ini harus lebih meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana non alam yaitu berdasarkan analisa yang dikeluarkan badan meteorologi klimatologi dan geofisika BMKG siklon tropis sebagai cenderung bergerak menjauhi wilayah Indonesia namun tetap memberikan dampak bagi sejumlah jumlah provinsi di tanah air.


Lanjutnya, Kami mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal persiapan untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana siklon tropis dan badai 


"Yang terpenting adalah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan tanggap terhadap bencana sehinga kita terhindar dari bencana," pungkasnya. 


Pabung Minut Kodim 1310/Bitung saat ditemui usai Apel, mengatakan, Kegiatan apel kesiapsiagaan guna antisipasi menghadapi ancaman siklon tropis 94W dan badai surigae yang dapat berakibat terjadinya bencana banjir, tanah longsor, gelombang pasang, angin puting beliung, pohon tumbang dan bencana non alam lainnya.


"Personel TNI termasuk Kodim 1310/Bitung, Polres dan Instansi terkait disiagakan dalam rangka antisipasi menghadapi ancaman siklon tropis 94W dan badai surigae," ujar Pabung Minut Mayor Inf Jemmy Lotulung. (T.L)

Iklan

iklan