Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Walikota dan Wakil Walikota MM - HH Bangkitkan Pertanian di Bitung

Republiknews
Kamis, 08 April 2021, April 08, 2021 WIB Last Updated 2021-04-08T22:41:32Z


Republiknews.com, Bitung, – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar menggelar pertemuan dengan penyuluh pertanian di Kantor Camatan Ranowulu, Kamis (8/4/21).


Dalam laporannya,Kadis pertanian, Sony Wenas menyampaikan jumlah pegawai di dinas yang dipimpinnya ada 50 orang, pemyuluh 26 orang dan pegawai pemerintah perjanjian aparatur negara sebanyak 5 orang.


Luas wilayah pertanian di Kota Bitung kurang lebih 16 ribuan hektar yang harus dijangkau 26 orang penyuluh pertanian dan yang menjadi kendala adalah tidak adanya fasilitas berupa kendaraan bagi para penyuluh.


Setelah mendengar laporan dari Sony, Maurits-Hengky lebih memilih mendengar masukan dan kendala yang dihadapi para penyuluh serta petani di Kota Bitung.

Adapun kendala dan masukan yang disampaikan, fasilitas bagi penyuluh yakni kendaraan bermotor roda dua, peralatan kantor seperti printer, computer dan laptop serta TPP. Selian itu, permohonan bantuan bibit seperti jagung, pala dan bibit tanaman pangan lainnya.


Mendengar masukan itu, Maurits-Hengky secara bergantian memberikan tanggapan. Keduanya berjanji akan berusaha menyiapkan alat transportasi dan peralatan kantor secara bertahap.


Wali Kota meminta kejelasan luas lahan pertanian di Kota Bitung, hal ini untuk dijadikan persiapan lahan bagi investor yang akan menanam modal dalam bidang pertanian.


“Tahap pertama  untuk peralatan kantor 8 unit dan printer. Dan besok langsung cek ke Bagian Keuangan untuk pengadaan itu,” kata Maurits.


Terkait TPP penyuluh pertanian, kata dia  akan di naikkan tapi harus sesuai dengan aturan. 


“Tapi saya dan Pak Hengky akan melihat kinerja. Hak lain akan disesuaikan dengan pegawai lainya,” katanya.


Hengky menambahkan, Dinas Pertanian dan Camat Ranowulu harus mencari lokasi pusat pelatihan pertanian dan ia menyarankan mencari sarana milik Pemkot untuk dimanfaatkan.


“Kami berdua siap untuk menggeser biaya makan-minum dan dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang lebih bermanfaat, utamanya untuk menunjang program kemasyarakatan,” kata Hengky.


Ia juga meminta Kepala Dinas dan camat untuk mendata lahan yang betul-betul siap untuk digarap agar pihaknya tahu persis kebutuhan bibit serta hasil saat panenen nantinya.


“Mohon Dinas Pertanian menyiapkan seragam khusus pagi para penyuluh agar memotivasi mereka bekerja,”katanya.


Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Dinas Pertanian, Sony Wenas dan puluha perwakilan penyuluh pertanian dan petani di Kota Bitung.(Suryo)

Iklan

iklan