Ketua Komisi DPR-RI dan Beserta Anggota Komisi DPRD Provinsi Lampung.Tinjau Peletakan Batu Pertama Program PISEW di Abung Selatan -->

Ketua Komisi DPR-RI dan Beserta Anggota Komisi DPRD Provinsi Lampung.Tinjau Peletakan Batu Pertama Program PISEW di Abung Selatan

Rabu, 09 Juni 2021, Juni 09, 2021


Republik News-LAMPUNG UTARA, 

Program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) yang di gelontorkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Dirjen Cipta Deral guna menunjang pertumbuhan perekonomian daerah, manfaatnya sangat di rasakan masyarakat, Rabu (09/06/2021).


Seperti yang terekam kamera tim liputan awak media pelaksanaan peletakan batu pertama program PISEW 2021 yang dipusatkan di Desa Bandar Kagungan Raya (BKR) menuju Desa Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara, tidak terlepas dari peranan legislator anggota Komisi V DPR-RI, Drs. Hi. Tamanuri, MM., bersama anggota Komisi II DPRD Provinsi Lampung, Mardiana, ST, MT., dari Fraksi Partai NasDem, yang terus menyerap aspirasi masyarakat hingga ke pelosok desa.


Hasil pantauan di lokasi, Rabu, 9 Juni 2021, saat pelaksanaan peresmian (kickoff) dengan ditandai peletakan batu pertama pekerjaan PISEW 2021 yang dilaksanakan Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Abung Selatan, tampak hadir Kabid Perumahan Disperkim Lampura, Wahyudi Prajamukti; Kades BKR, Eliyanto; Kades Kalibalangan, Husein; tokoh agama, tokoh masyarakat, sejumlah kades, dan juga warga setempat.


Dalam kesempatan itu, Drs. Hi. Tamanuri, MM., yang diwakili anggota DPRD Provinsi Lampung, Mardiana, ST, MT., menyampaikan, dengan adanya program-program aspirasi yang diirealisasikan untuk memberdayakan warga setempat agar visi pemerintah pusat dengan mengagendakan program berbasis padatkarya dapat berkesinambungan.


"Untuk itu, aset dari hasil program aspirasi agar dapat dijaga, dipelihara, serta dirawat dengan penuh komitmen yang tinggi," kata Mardiana,


Di tempat yang sama, Kabid Perumahan Disperkim Lampura, Wahyudi Prajamukti, menambahkan, terealisasinya program ini tentu adanya sinergisitas dan komunikasi dua arah yang sinkron antar berbagai pihak.


"Program ini merupakan program yang berbasis padatkarya. Untuk itu, dalam hal pelaksanaan pekerjaannya agar kualitas pekerjaan menjadi titik konsentrasi yang ditekankan kepada pelaksana agar manfaat yang didapat dari program ini benar-benar dapat dirasakan secara langsung serta bertahan dalam waktu yang maksimal," tegas Wahyudi Prajamukti.


Begitupun Kades BKR Eliyanto menyampaikan apresiasinya atas program aspirasi PISEW 2021 yang telah direalisasikan tersebut.


"Kami atas nama warga Desa BKR dan Desa Kalibalangan mengucapkan terimaksih atas adanya program aspirasi, baik itu program BSPS maupun PISEW 2021," terangnya.


Untuk itu, atas amanah yang diberikan kepada warga Desa BKR dan Kalibalangan melalui program aspirasi akan berupaya optimal dalam menyelesaikan, merawat, serta menjaganya.


Sementara, Ketua BKAD Kecamatan Abung Selatan, Supriyanto, menyampaikan, program PISEW di desa BKR menelan anggaran sebesar Rp.600 juta rupiah.


"Anggaran itu bersumber melalui APBN 2021. Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pekerjaan, seluruh pekerja yang diberdayakan dalam pelaksanaan program ini merupakan warga yang berdomisili dari Desa BKR dan juga Kalibalangan," terangnya.


Ia juga menyampaikan jenis kegiatan yang dilaksanakan berupa pembangunan jalan rabat beton dengan volume panjang 1197, 61 m, lebar 3 m, dengan ketinggian 0,15.


" Pekerjaan ini ditargetkan selesai dalam jangka waktu 90 hari kerja kalender," pungkasnya. (Desi)

TerPopuler