GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Mendagri Sebut Peran DPRD Krusial dalam Penanganan Pandemi dan Pemulihan Ekonomi


Republik News - Jakarta, 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebut peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sangat krusial dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Hal itu disampaikannya saat membuka Seminar Nasional dan Musyawarah Nasional VII Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) yang diselenggarakan secara daring, Jumat (18/6/2021). 


“Saya melihat bahwa peran DPRD menjadi sangat penting dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, sekali lagi peran dalam penyusunan peraturan menjadi krusial, kunci, itu akan menjadi pegangan bagi para penegak,” katanya. 


Dikatakan Mendagri, tahun 2021 masih merupakan tantangan yang perlu dihadapi bersama, terutama berkaitan dengan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. Menurutnya, tiga (3) fungsi yang dimiliki DPRD yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan, menjadi sentral dalam penanganan wabah. 


“Saya juga memohon kepada rekan-rekan sebagai komunikator yang baik, sebagai jembatan yang baik, perlu juga memberikan pemahaman ini kepada teman-teman politisi di DPRD agar mereka juga betul-betul memanfaatkan 3 kewenangan yang ada dalam mengatasi permasalahan kendali Covid-19 dan memulihkan ekonomi dengan menangkap peluang yang ada,” ujarnya. 


Mendagri juga menyampaikan agar permasalahan nasional berupa pandemi Covid-19 beserta dampak sosial ekonominya, perlu diselesaikan bersama. Sebagai legislator, DPRD yang dipilih dengan legistimasi dari rakyat, dan mewakili kepentingan rakyat, memainkan peranan krusial yang membuat suara anggota DPRD memiliki pengaruh di masyarakat. Karena itu, Mendagri meminta hal ini dimanfaatkan dalam menyosialisasikan dan kampanye protokol kesehatan. 


“Sampaikan tentang cara menangani Covid-19, paling gampang lah pakai masker, ini beda kalau yang menyampaikan kepala daerah dengan anggota dewan yang dipilih oleh konstituen yang dipilih di dapilnya masing-masing, itu akan lebih powerfull,” tegasnya. 


Mendagri yang memuji kekompakan ASDEKSI juga berharap, kebersamaan dan kerja sama bersama pemerintah pusat dapat memberikan sumbangan pemikiran dan aksi dalam menghadapi pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi, serta penyelesaian efek domino lain yang diakibatkan pandemi global itu. 

Puspen Kemendagri. (Desi)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.