GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Saat Ini Bumi di Titik Terjauh Dari Matahari


Republiknews . Com - Fenomena alam Bumi akan berada di titik terjauh dari matahari  atau yang disebut Aphelion ,  pagi ini Selasa (06/07 ) sekitar pukul 05 :27 WIB


Menurut  Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) ahli BMKG Makassar, Kaharuddin menjelaskan " terjadinya fenomena alam Aphelion terjadi karena orbit bumi tidak melingkar sempurna , tetapi berbentuk elips".


Kaharuddin juga menyampaikan " bumi akan menyelesaikan satu gerak revolusinya dalam mengelilingi matahari. Karena lintasannya yang berbentuk elips, bumi akan berada di jarak terdekat atau Perihelion dan terjauh atau Aphelion dari matahari." terangnya.


Perlu diketahui Jarak terdekat bumi ke matahari terjadi pada tanggal 2 Januari 2021 yakni 147.093.163 kilometer (km). Pagi nanti  06 /07 /2021 bumi berada sejauh 152.100.527 km dari matahari


Kaharuddin juga menambahkan Fenomena ini membuat bumi akan menerima radiasi paling sedikit dari matahari dan Fenomena Aphelion ini tidak berdampak signifikan terhadap bumi. Ini merupakan hal yang biasa terjadi saat musim kemarau seperti sekarang " paparnya .

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.