GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pekerjaan BUMDES Desa Semuli Jaya DiDuga Mark'Up Anggaran



Republik News-Lampung Utara-

Perogram Pemerintah Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tahun Anggaran 2019-2020 Yang Diprioritaskan Melalui Anggaran Dana Desa Tahun 2019-2020.Sebersar Rp.125.000.000 (Seratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah), Diduga pekerjaan Tersebut Dimark'up Oleh Pelaksana.


Pasalnya Pembangunan Satu unit Gedung Mesin Press Karet Ketika Tim Konfirmasi Dengan  Narasumber.Jumat 20 Agustus 2021. Menurut Keterangan Nara Sumber. Bahwa uang sebesar rp.125 juta rupiah tidak sesuai dengan peruntukannya Yang digunakan untuk.

1.pemberian Alat Pres Karet Rp.75.000.000.

Sedangkan alat Tersebut barang Seken.

Seharus ada Mesin penggerak alat Pres.tapi kenyataannya Belum ada Mesin Penggerak Yang Di belikan.

Dan tidak wajar bangunan Dari kayu Batang Kelapa dan beratap Asbes.

Belum memiliki Dinding disekelilingnya serta Alat Pres karet Menelan dana Sebesar  Rp.125.000.000


Ketika Tim IWO konfirmasi Dengan Ketua Rt.07 Dusun 04 Desa Semuli Jaya WaGimin Lalu ketua Rt tersebut menjelaskan .Tempat Lokasi Narok mesin Pres ini adala Bangunan Rumah Saya yang Lama..maka Saya kasih Tempat tidak disewa apalagi di beli..karena saya berharap mesin Pres karet ini bisa berjalan beroprasional dengan baik. Maka Tujuan saya bisa menyerap Tenaga Kerja Dari Warga  Desa Setempat.


Nyatanya bangunan ini Terbangkalai mangkrak sejak 2019-2020 Hingga Sekarang "Terangnya"Lanjutnya

Saya berharap bangunan tersebut bisa dilanjutkan hingga selesai dan siap dioprasikan..dan kita siapkan juga Tenaga Kerja dari lingkungan ini.Ternyata Bangunannya Mangkrak sampe sekarang"Pungkasnya" 


"Selang beberapa saat pada hari yang sama Tim Media konfirmasi Dengan Mantan PJ.Kades Semuli Jaya.. Juniyanto dikediamannya.

Ia mengatakan saya mengetahui Nilai Anggarannya..dan Bangunannya Saya malah belum Tau dimana Lokasinya..karena itu kerjaan Ketua Bumdes Sesuai Tupoksinya masing- masing. Silahkan aja Temui Ketua Bumdesnya"Kata Juniyanto"


Ketika Tim konfirmasi Dengan Ketua Bumdes Desa Semuli Jaya Suryanto Di Aula Balai Desa Semuli jaya Senin 23 Agustus 2021.. Ketua mengatakan dana  Kegiatan Bumdes Tahun 2019-2020 Benar Sebesar Rp.125.000.000

Saya belikan Mesin Pres Getah Karet Sebesar Rp.75.000.000. Yaitu Mesin dan alat Pres Getah Karet. Dan yang Rp.50.000.000.nya saya buatkan bangunan untuk gedung Pres Getah Karet. Hasinya itulah karena dananya habis."Terangnya" Lanjutnya...saya akan mengajukan lagi dana tambahan untuk melanjutkan pembangunan tersebut. Dan terkait dana Kegiatan Rp 125.000.000 siap saya pertanggung Jawabkan. Karena hasil kegiatan saya laporkan terus sama pl.kades saat itu. Dan sudah di periksa oleh Tim Inspektorat yang Turun Kelokasi kegiatan Tersebut"Pungkasnya"


Berdasarkan hasil Temuan Tim yang Turun Kelokasi Kegiatan.serta  Diperkuat Keterangan RT setempat.. Bahwa Bangunan Tersebut Tidak Layak disebut Selesai..karena Faktanya dari Tahun2019-2020 Hingga sekarang bangunan tersebut Mangkrak Tidak dilanjutkan dengan alasan Dana habis


Untuk itu Tim minta kepada Yang berwenang Turun Kelokasi Kegiatan  yang harus didampingi oleh Pihak Kepolisian Tipikor Polres Lampura serta Kejaksaan Negeri Kotabumi.

Terlebih dahulu melakukan Pemanggilan Terhadap Pelaksana dan mantan Pj Kades Semuli Jaya..

Jika Terbukti Dugaan Mar"Up pada Kegiatan Tersebut Maka Pihak Terkait harus menentukan Sikap dengan ambil Tindakan Terhadap Siapa-Siapa yang Terlibat Dalam Pelaksanaan Tersebut (Des)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.