Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Wujudkan Kota Digital Pemerintah Kota Bitung Gandeng PT Infotek Global Network

Republiknews
Senin, 06 September 2021, September 06, 2021 WIB Last Updated 2021-09-06T16:24:25Z


Republiknews, Bitung- Demi mewujudkan jangkauan internet di wilayah kota Bitung,  pemerintah kota Bitung menggandeng  PT. Infotek Global Network salah satu Perusahaan bergerak di bidang Penyedia Internet .


Dalam kerjasama tersebut Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM melaksanakan  Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  bersama direktur Utama PT Infotek Global Network Mon Winowoda, terkait Ketersediaan internet di wilayah kecamatan Lembeh Utara dan Selatan Bertempat di Tribun Kantor Walikota Bitung. Senin (06/09/21).


Dalam penyampaiannya Direktur Utama PT Infotek Global Network, Mon Winowoda mengatakan, Pulau Lembeh adalah bagian dari Kota Bitung yang memiliki potensi alam yang luar biasa namun layanan internet belum sepenuhnya menyentuh. Khususnya yang wilayahnya terpencil atau jauh dari akses internet (blank spot).


"Melalui kerja sama ini, kami akan membangun infrastruktur telekomunikasi dan informatika dengan layanan internet hingga ke seluruh pelosok pada dua kecamatan di Pulau Lembeh," papar Mon Winowoda.


Sementara Wali Kota Bitung, menyampaikan, transformasi digital tidak mungkin terjadi apabila sebagian besar wilayah belum tersambung internet .


“ konektifitas jaringan itu penting, sebab, menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur daerah, oleh karena itu saya minta Dinas Kominfo Pak Franky sebagai kepala dinas dan Pak Sem Kabid Layanan Informasi Humas dan Persandian Kota Bitung yang juga putra Lembeh untuk segera menindaklanjuti MoU ini dan nantinya bisa membangun komunitas - komunitas IT,"  terang Walikota.


Ungkapan Walikota tersebut sesuai dengan visi misi Maurits-Hengky menjadikan Bitung Kota Digital dengan program 1000 titik WiFi di Kota Bitung.


Terkait hal tersebut Kepala Dinas Kominfo kota Bitung, Franky Sondakh dalam laporannya mengatakan, sebelumnya 2 (dua) provider sudah bekerjasama dengan Pemkot Bitung terkait dengan digitalisasi di Kota Bitung yakni PT. Telkom dan Icom Net.

 


"Sebelumnya PT. Infotek Global Network sudah memasang lewat program CSR, yaitu satu titik di kelurahan Lirang, Kelurahan Dorbolaang dan kelurahan Pasir Panjang. Hingga hari ini sudah ada 24 titik yang sudah terpasang," ungkapnya


Sementara Kabid Layanan Informasi Humas dan Persandian Kota Bitung Drs. Semuel Muhaling menjelaskan, saat ini pemasangan WiFi tersebut diprioritaskan bagi wilayah di pulau Lembeh yang masih masuk Blank Spot.


"Perlu diketahui sasaran pemasangan ada 120 titik.  Saat ini 24 titik yang sudah terpasang diantaranya, Kelurahan Lirang 5 titik, Mawali 10 titik, Dorbolaang sudah 7 titik dan Kelurahan Pasir Panjang 2 titik," paparnya.


Muhaling juga menambahkan, Dinas Kominfo akan berkomitmen dalam waktu 3 (tiga) bulan, i target sebelum bulan Desember, 120 di pulau Lembeh sudah bisa online,


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Satpol PP Forsman Dandel, Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Bitung Rio Karamoy, Direktur Operasional PT. Infotek Global Network Frangky Tumion, Camat Lembeh Selatan, Camat Lembeh Utara, jajaran Dinas Kominfo Kota Bitung dan jajaran PT. Infotek Global Network . ( Suryo)

Iklan

iklan