Iklan

Iklan

,

Iklan


Didinyalir Tambang Emas Terbesar di Asia Tenggara Terletak Di Sulut, PT ARCI Targetkan Ini... Ok

Republiknews
Minggu, 28 November 2021, November 28, 2021 WIB Last Updated 2021-11-28T16:34:20Z


Republiknews,  Sulawesi Utara mempunyai Wilayah lokasi tambang terbesar di Asia Tenggara, tepatnya di Tambang Emas Toka Tidung Minahasa Utara. 


Pertambangan emas tersebut dikelola oleh PT Archi Indonesia Tbk (ARCI). ARCI merupakan bagian dari PT Rajawali Corpora atau Rajawali, perusahaan milik Pengusaha kenamaan Peter Sondakh, yang melejit pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 28 Juni 2021 lalu .


Diketahui tambang yang dikelola PT ARCI Indonesia mempunyai total luas konsesi mencapai 40 ribu hektare.


Dengan di pegang oleh dua anak perusahaan yaitu, PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN)  sekitar 31 ribu hektare dan PT Meares Soputan Mining (MSM)  sekitar 9 ribu hektare, dan Keduanya merupakan pemegang Kontrak Karya (KK) untuk kawasan ini sampai 2041.

 

Sementara, Deputy Chief Executive Officer Archi Indonesia, Rudy Suhendra menyampaikan " Kami ingin menjadi perusahaan pure-play emas yang terintegrasi,"  ujarnya pada Kamis (25/11)

 

Saat ini perusahaan menargetkan bisa menggarap lini bisnis dari hulu sampai ke hilir. Mulai dari eksplorasi, kontraktor penambangan, pabrik pengolahan, dan produk logam emas batangan.


Kepala Teknik Tambang Toka Tindung Hary Irmawan seperti dikutip dari Tempo, mengatakan, "aktivitas pertambangan memang tidak berhenti untuk sejam pun alias selalu aktif 24 jam. "Sekalipun di saat Lebaran dan Natal, "terang Hary.


Sementara dari sisi produksi emas, angkanya terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir, Dari 61 kilo onces pada 2011, naik menjadi 207 kilo ounces pada 2020. Bahkan pada 2018, sempat menyentuh angka 270 kilo ounces.

 

Diketahui menteri  ESDM RI ,  RI, Arifin Tasrif saat melaksanakan kunjungan kerja ke PLN di Provinsi Sulawesi Utara , pada Jum'at 26/11 / 2021  , juga menyempatkan diri datang ke Perusahan tersebut dengan didampingi, Gubernur Sulut, Bupati Minut dan Walikota Bitung.



Sumber

Iklan