Iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Jadi Tersangka Karantina Kesehatan Pacar Rachel Venny dan Manajer

Republiknews
Kamis, 04 November 2021, November 04, 2021 WIB Last Updated 2021-11-05T03:31:55Z

 

Republiknews.com – Jakarta, Selain menetapkan selebgram Rachel Vennya sebagai tersangka kasus pelanggaran karantina kesehatan , pacar Rachel yakni Salim Nauderer dan manajer Maulida Khairunnisa juga jadi tersangka. Mereka kabur ketika dikarantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara setelah pulang dari Amerika Serikat.Jumat (5/11/2021).


“Iya (tersangka) Rachel, pacarnya, sama manajernya dan satu lagi yang membantu ada orang sipil saya lupa namanya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu (3/11).


Diketahui, Rachel kabur dari karantina bersama pacar dan manajer serta dibantu seorang warga sipil. “Rachel ternyata tadi sudah digelar langsung harusnya hari Jumat ternyata dipercepat dan memenuhi unsur. Hasil gelar menentukan 4 tersangka,” kata Yusri.


“Ini kejadian tanggal 17 September lalu ada dugaan yang bersangkutan tidak karantina. Makanya dugaan pasal yang dipersangkakan UU Wabah Penyakit dan UU Karantina Kesehatan,” sambungnya.


Dalam Pasal 9 ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dijelaskan, setiap orang wajib mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan. Kemudian pada ayat 2 menyatakan setiap orang berkewajiban ikut serta dalam penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan.


Sementara itu, Pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular menyatakan barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah diancam dengan pidana penjara selama-lamanya 1 tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp1 juta. (talia)

Iklan

iklan