Iklan

Iklan

,

Iklan


Gelar Tata Kelola Kearsipan Dolie Tagian : SDM Menjadi Syarat Utama

Republiknews
Kamis, 09 Desember 2021, Desember 09, 2021 WIB Last Updated 2021-12-10T04:41:02Z


Republiknews.com – BOLMONG, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi lokasi pelaksanaan Sosialisasi Tata Kelola Kearsipan, yang digelar Tim Arsiparis Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (7/12).


Tercatat, seluruh utusan dari Kantor Kemenag Kabupaten/kota di Bolmong Raya dan Minahasa Selatan mengikuti kegiatan ini secara serius.


Utusan terdiri dari Kasubag Tata Usaha dan satu pengelola/penanggungjawab arsip dari Kantor Kemenag Bolmong, Bolmut, Kotamobagu, Boltim, Bolmut, dan Minsel.


Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Shabri Makmur Bora kala membuka kegiatan mengapresiasi inisiatif Kanwil menggelar sosialisasi kearsipan sebagai upaya meningkatkan pemahaman pentingnya penyimpanan dokumen administrasi negara.


Shabri berharap kegiatan ini tak berhenti sampai di tataran sosialisasi ke daerah, namun akan lebih baik jika dibarengi dengan kegiatan khusus mengenai kearsipan dan tata persuratan berupa workshop, diklat, dan sejenisnya.


Lebih lanjut JFT Arsiparis Kanwil Kemenag Sulut, Dolie Tangian STh dan tim mengatakan dalam kegiatan kearsipan yang pertama harus disiapkan adalah orangnya (SDM).


“Seorang arsiparis atau penanggungjawab arsip harus orang yang cakap, teliti dan mengerti tentang arsip. Di Kanwil sendiri ada empat ASN JFT Arsiparis. Setiap arsiparis bertanggungjawab atas arsip dokumen pada setiap sub bagian dan bidang/pembimas sesuai pembagian tugas,” terang dia.


Dalam sosialisasinya, Dolie Tangian juga menyampaikan pesan Kakanwil, Hi Anwar Abubakar, kepada para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk segera menetapkan SK atau surat tugas penanggungjawab pengelolaan arsip, serta sedapat mungkin menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk menata arsip/dokumen administrasi negara.


Hal ini bertujuan untuk memastikan setiap dokumen penting terjaga dengan baik, serta dapat ditemukan dengan cepat jika sewaktu-waktu diperlukan. (talia)

Iklan