Iklan

Iklan

,

Iklan


Tak Hanya di Surabaya, Bitung Juga Akan Bangun Jembatan Merah Dengan Bandrol 6 Milyar

Republiknews
Rabu, 05 Januari 2022, Januari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T14:55:57Z


Republiknews, Bitung- Demi kenyamanan warga khususnya pengguna jalan alternatif di kelurahan Manembo - nembo yang menghubungkan kelurahan Girian Weru Satu,  Pasangan Walikota Bitung   Maurits Mantiri Hengky Honandar, akan bangun jembatan di Kuala Jengki dengan nama " Jembatan Merah"


Diketahui  nama " Jembatan Merah" 

sangat populer khususnya di Surabaya, Karena merupakan salah satu Monumen Sejarah,  saat perjuangan kemerdekaan, jembatan tersebut sebagai akses utama dalam menumpas penjajah Belanda walaupun banyak pejuang yang gugur.

 

Selain itu di masa VOC dulu, dinilai sangat penting karena menjadi akses paling vital untuk melewati Kalimas menuju Karesidenan,  serta akses perniagaan tempo dulu. Dan saat inipun posisinya sebagai pusat perniagaan terus berlangsung.


Ini sekelumit kisah " Jembatan Merah " di Surabaya,  juga  sebagai judul lagu keroncong ciptaan Gesang yang  populer di Indonesia bahkan Mancanegara.


Tahun ini pasangan Walikota Bitung Maurits Mantiri- Hengky Honandar juga akan membuat ," Jembatan Merah" yang akan menghubungkan antara dua kelurahan dengan melintas diatas Sungai Jengki atau dikenal oleh warga setempat sebagai " Kuala Jengki". 


Walikota Bitung beserta sejumlah pejabat sudah meninjau secara langsung titik lokasi yang akan dibangun jembatan. Selasa (04/01)


Menurutnya, Jembatan yang melintas diatas Kuala Jengki berfungsi untuk jalan alternatif, demi memudahkan masyarakat untuk  menghubungkan dua Kelurahan  tanpa harus melalui jalan utama.


, " Pembangunan jembatan akan di mulai tahun ini,demi akses alternatif masyarakat dan akan kami beri nama ," Jembatan Merah" dan anggaran yang di gunakan dari APBN 2022", ungkapnya.


"Mohon dukungannya agar proses pembangunan Jembatan Merah berjalan sesuai harapan," tambah Walikota


Senada dengan Walikota  , Kepala Dinas PUPR Pemkot Bitung, Rudy Theno menyatakan jika proses pembangunan Jembatan Merah bakal menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar. 


Pembangunan jembatan merah akan menelan anggaran Rp 6 milyar dan sudah disiapkan dari APBN 2022, tinggal action dana siap direalisasikan" ujarnya. (Suryo)

Iklan