Iklan

Iklan

,

Iklan


Adat Tulude di Bitung Buahkan Pujian Kemenparekraf RI

Republiknews
Selasa, 01 Februari 2022, Februari 01, 2022 WIB Last Updated 2022-02-01T16:08:42Z

 


Republiknews Bitung- Pelaksanan adat Tulude Pemkot Bitung dengan menggandeng Ormas Nusa Utara sukses digelarnya , Senin (31/01/2022)


Ivent tahunan Pemkot Bitung tersebut selain memamerkan ragam budaya budaya asli Nusa Utara, juga olahan kuliner serta kerajinan daerah.


pelaksanaan gelar adat tulude tahun 2022 yang disiarkan secara live di media sosial ini, mendapat perhatian global, termasuk dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf)


 Dalam keterangannya Selasa (01/02/2022), Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM menyatakan, suksesnya pagelaran upacara adat tulude ini adalah bukti dan karya nyata dari gotong - royong  dalam menopang pelaksanaan tulude yang menjadi iven tahunan di Kota Bitung.


Maurits pun berharap kerja gotong royong seperti ini juga dapat menjadi patokan untuk membuat ivent yang lain  di Bitung agar berjalan dengan sukses.


“Sebab partisipasi dari seluruh elemen masyarakat memang diperlukan jika kita mau Bitung menjadi kota pariwisata,” tegasnya.


Tak hanya itu, Maurits juga mengapresiasi dukungan dari Forkopimda dan  jajaran Kemenparekraf yang selalu hadir serta mendukung setiap kegiatan yang digelar Pemkot Bitung termasuk dalam pelaksanaan tulude saat ini.


Bahkan lanjut Maurits, Kemenparekraf juga menyatakan Bitung bukan hanya sebagai penyangga KEK Likupang karena standar ivent yang diterapkan sudah di atas ketentuan yang diatur di tengah pademi Covid-19, sebab pelaksanaan upacara adat tulude bejalan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.


Sementara itu, Direktur Infrastruktur Ekraf Kemenparekraf RI, Hariyanto mengatakan, ini merupakan suatu kebanggaan dirinya turut hadir dan mengambil bagian dalam gelar adat tulude Bitung tahun 2022.


Pelaksanaan ivent Tulude di Bitung sangat sarat dengan budaya serta menjadi potensi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, yang mulai menggeliat seiring menurunnya kasus covid-19.


"Program pariwisata dan ekonomi kreatif memang akan berjalan efektif jika melibatkan semua pihak dan itu telah dimulai di Bitung.

 Tentu apa yang ditunjukkan Pemkot Bitung saat ini harus terus dipertahankan, sehingga dapat menyokong geliat ekonomi di titik-titik destinasi,”jelasnya


Ada yang spesial di  pelaksanaan gelar Adat Tulude di Bitung tahun ini, selain dihadiri sejumlah pejabat Kemenparekraf RI, juga diikuti oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Organisasi, Tatalaksana dan Hubungan Antar Lembaga, Noorhadi Sadli, Koordinator Klaster Ekraf, Bayu Yudarto, Subkoordinator Infrastruktur Digital Ekraf II, Arip Hidayat, Subkoordinator Pengembangan Kab/Kota Ekraf, Safrida Fatmawati, Staf Dit Infrastruktur Ekraf, Heru Prayogo, Staf Dit Infrastruktur Ekraf, Mawar E D Islamiati,Tenaga Ahli Staf Khusus, Bramantyo Bimo serta Staf Dit Infrastruktur Ekraf, Shafira Juanita. (Suryo)

Iklan