GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Banyak Potensi Wisata dan Kekuatan Ekspor , Sandiaga Uno: Bitung Kota Yang Bertumbuh Baik di Tengah Pandemi


Republiknews, Bitung-  Setelah melakukan kunjungan kerja di  Likupang Kabupaten Minahasa Utara.Kali ini  Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengunjungi Kota Bitung Sulawesi Utara . Rabu (16/02/2022)


Menparekraf saat mengunjungi secara langsung destinasi wisata di Batu Angus didampingi oleh Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar SE.


Dalam sambutannya di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus, Sandiaga Salahuddin Uno memuji Walikota Bitung.


Dari semua presentasi kepala daerah yang saya dengar, presentasi Walikota Bitung Maurits Mantiri yang paling terbaik, karena sampai menyinggung metavere dan dilengkapi dengan dokumentasi video jadi dapat diserap dengan baik", ungkap Sandi 


Tak urung penyampain Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI di sambut tepuk tangan meriah dari semua tamu undangan.


Diketahui kedatangan Sandiaga itu, dalam rangka penyerahan dana alokasi khusus 2021 dan rencana dana alokasi khusus 2022.


Sebelumnya Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM, melalui zoom meeting, mempresentasikan potensi wisata yang ada di selat lembeh yang merupakan surga tersembunyi.

 

 "Selat Lembeh sebagai situs" muck diving" atau lokasi selam dengan dasar laut berpasir terbaik di dunia".


“Kecantikan biota laut yang ada di selat lembeh merupakan objek yang mahal bagi pecinta fotografi bawah air. Itu sebabnya selat lembeh mendapat sebutan (the mecca of macro photograpy)", terang Mantiri.


Walikota Bitung juga menjelaskan, kondisi geologi selat lembeh sangat unik serta bentuk geometric selat yang khas menyerupai mulut naga. selat ini mengalirkan arus laut bolak-balik yang kuat dari laut Sulawesi dan Samudera Pasifik. 


“Karakter arus bolak-balik ini menyebabkan efek eutrofikasi yang membawa nutrisi dari substrat batuan vulkanik yang kaya mineral, sebagai bahan makanan yang berlimpah bagi berbagai makhluk yang hidup di dasar selat. 


Jadi sangat logis jika selat lembeh memiliki makhluk-makhluk dasar laut yang bentuk fisiknya tidak lazim, langka, unik dan mempesona serta beberapa spesies eksotis yang tidak terdapat di perairan lainnya,” ungkapnya .


Sementara itu, Menparekraf  RI Sandiaga Salahuddin Uno membeberkan sangat bahagia berkunjung ke Bitung karena kota ini, menurutnya, memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.


“Kita harus buka peluang usaha untuk ciptakan lapangan kerja. 


Kota Bitung, salah satu kota yang mengalami pertumbuhan yang baik di tengah pandemi, adanya kekuatan ekspor dari produk-produk yang memang memiliki keunggulan disini, ungkapnya.


Mari kita gunakan kesempatan ini untuk program tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” pesan Sandiaga.


Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut diantaranya Sekretaris Menparekraf,Deputi BID Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Staf khusus Menteri,

Sekda Kota Bitung, Audy Pangemanan, Kapolres Bitung,  AKBP. Alam Kusuma s. irawan;

Dandim 1310 bitung .Kadis Pariwisata Kota Bitung dan pihak investor PT. Taka, Ibu Dewi y Wowor dan ibu Sri nurul Rianawati, stakeholders pelaku dan komunitas ekraf. (Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.