GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Presiden Joko Widodo Resmikan Ruas Jalan Tol Danowudu-Bitung Sepanjang 13,5 Km

 


Republiknews.com – Bitung, peresmian jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 Kilometer diresmikan Presiden RI Joko Widodo di gerbang Tol Kota Bitung Sulawesi Utara, Jumat (25/2/2022).


Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekertaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Walikota Manado Andrei Angouw, dan Walikota Bitung Maurits Mantiri.


Dalam sambutannya Presiden berharap Jalan Tol tersebut bisa dimanfaatkan serta dapat mendukung seluruh aktivitas masyarakat. 


“Sore hari ini Jalan Tol Manado-Bitung, Seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer telah rampung dan telah selesai. Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Presiden.


Lebih lanjut Presiden mengatakan dengan adanya jalan Tol tersebut akan mempermudah pengiriman Logistik, mobilitas barang dan juga mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Pelabuhan Internasional, dan nantinya ke kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang akan dapat mendorong pertumbuhan di Sulawesi Utara. 


“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional. Karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” tandasnya.


Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan Jalan Tol Manado—Bitung yang dapat mempersingkat waktu tempuh antar wilayah di Sulawesi Utara. Pembangunan ini, ujar Olly, merupakan bukti bahwa pemerintah membangun negeri dari timur sampai ke barat.


Olly berharap kehadiran infrastruktur ini dapat terus memacu pertumbuhan di Sulawesi Utara. Di tahun 2021 ekonomi di wilayah ini mampu tumbuh 4,17 persen atau di atas pertumbuhan nasional.


“Semoga peresmian hari ini mempercepat pertumbuhan ekonomi kawasan KEK dan juga kawasan pariwisata Likupang,” ujar Olly. (talia)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.