Iklan

Iklan

,

Iklan


Seratus Persen Tol Manado-Bitung di Resmikan Jokowi Berharap Bangkitkan Ekonomi di Sulawesi Utara

Republiknews
Jumat, 25 Februari 2022, Februari 25, 2022 WIB Last Updated 2022-02-25T12:01:30Z


Republiknews, Bitung-  Presiden Indonesia Ir Joko Widodo resmikan jalan Tol Manado-Bitung , seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 km. Bertempat di gerbang Tol Pelabuhan Petikemas Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (25/02/2022)


Dalam sambutanya saat meresmikan ruas Tol Danoudu - Bitung di gerbang Tol depan Pelabuhan Petikemas Bitung , Sulawesi Utara. Presiden Joko Widodo berharap, dapat menumbuhkan ekonomi di Sulawesi Utara khususnya Bitung dan Likupang .


"Kita berharap dari pembangunan ini muncul titik pertumbuhan ekonomi baru dan diharapkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara bisa melebihi nasional," harap Presiden  


Jokowi juga menambahkan, Jalan tol ini terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus Bitung dan juga terhubung juga dengan Pelabuhan Bitung, dan juga nantinya di KEK Likupang", tambah Jokowi.


Senada dengan Presiden ,Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan dengan diresmikannya Tol Danuwudo-Bitung menandakan kehadiran pembangunan pemerintah yang merata dan dapat meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi untuk wilayah Sulawesi Utara.


"Peresmian hari ini mempercepat pertumbuhan ekonomi kawasan ekonomi khusus yang ada di Bitung dan pariwisata Likupang," ujar Dondokambey.


Diketahui Progres konstruksi untuk seksi 2B telah mencapai 100 persen dan uji laik fungsi telah dilakukan pada awal Januari 2022. (Ruas tol) Telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR,” ujar Direktur Utama PT JMB Charles Lendra dalam keterangannya, Senin (21/2) lalu


 Jalan Tol Manado-Bitung yang membentang sepanjang 39,9 kilometer dibangun sejak tahun 2017 memiliki total investasi sebesar Rp 5,120 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.


Tiga seksi lainnya sepanjang 26,35 kilometer telah beroperasi sejak 2020. Saat ini menggenapi 100 persen pencapaian Jalan Tol Manado-Bitung sudah rampung total,  yang tempo hari sempat molor pengerjaanya di sesi 2B ruas Danoudu - Bitung. 


Jalan tol ini akan terintegrasi serta mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.( Suryo)

Iklan