Iklan

Iklan

,

Iklan


Walikota Bitung Ikut Wujudkan Impian Sulawesi Utara Jadi Gerbang Asia Pasifik

Republiknews
Selasa, 15 Februari 2022, Februari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-02-15T11:32:00Z


Republiknews, Bitung-  Walikota Bitung secara estafet membangun kerangka kerjasama dan jaringan kolaborasi strategis di tingkat nasional dan global dengan nama Nusantara One. Sabtu 12 Februari 2022 lalu.


Nusantara One sendiri adalah gerbang Asia Pasifik di bidang Sosial, Ekonomi, Digital dan Industri .


Walikota  Bitung turut serta melakukan pembahasan mewakili Sulut, adapaun topik utama yang dibahas mencakup aspek trade dan industry hub, community base industries development, funding and investment network and digital transformation.


Menurutnya, pembahasan itu adalah inovasi dari Olly Dondokambey dan Steven Kandouw yang ingin meneruskan cita-cita Dr. Sam Ratulangi. 

Adapaun peletakan batu pertama patung Soekarno adalah awal  rangkain membuka pacific gateway. 


“Semangat ini adalah kolaboratif dan restorasi pemikiran dari para pendahulu".


"Mimpi besar untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai Pasific Gateway (gerbang pasifik) sudah lahir sejak jaman Sam Ratulangi, sampai dengan era pemerintahan saat ini di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw", kata maurits.


Dalam  diskusi sesi pertama, Tim Bitung berdiskusi dengan Tim Konsultan Internasional dari KPMG Global yang dipimpin langsung oleh Satyanarajan, _Advisory Leadership, partner untuk Group Infrastructure, government and healthcare_ yang bertempat di Singapore.


Sementara sesi kedua, Tim Bitung bertemu dan berdiskusi dengan Tim Price Waterhouse Coopers (PWC) Consulting Asia Pasific yang dipimpin oleh salah satu partner-nya, Widita Sardjono, serta didampingi oleh partner lainnya seperti Peter Va De Mheen.


Sedangkan sesi ketiga, Tim Bitung bertemu dan berdiskusi dengan Tim Belanda yang datang secara langsung, untuk melihat potensi kerjasama dalam aspek pengembangan wilayah pesisir, dengan dukungan teknologi perairian yang adalah kekuatan kompetensi terbaik negeri kincir angin tersebut.


Tim Belanda mewakili konsorsium berbagai industri terbesar global asal Belanda seperti salah satunya Damen Shipyard.


Tim Bitung juga telah mulai membangun jaringan kolaborasi komunitas yang nantinya dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam program Nusantara One.  


Para pimpinan masing-masing perusahaan Konsultan Global tersebut, menyatakan bahwa program Nusantara One adalah program yang sangat besar dan strategis, yang dapat menjadikan Sulawesi Utara, bahkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru, dalam domain layanan industri dan perdagangan wilayah Asia Pasifik. 


Karena posisi geostrategis Kota Bitung serta keunikan dan daya saing yang dihadirkan oleh Program Nusantara One itu sendiri.


Dalam kurun waktu 1 minggu sebelum pertemuan hari sabtu, 12 februari 2022 tersebut, Tim Bitung sudah terlebih dahulu bertemu dan berdiskusi dengan Tim Norwegia, Tim Australia, jaringan permodalan USA dan para Perusahaan Konsultan Manajemen Global untuk memberikan gambaran awal tentang Program Nusantara One,


Maurits Mantiri dan Hengky Honandar sebagai Walikota dan Wakil Wali Kota Bitung berusaha untuk membumikan konsep Pasific Gateway dan membangunnya dalam kerangka strategis yang disesuaikan dengan perkembangan dunia sosial, ekonomi, digital dan industri terkini.


Faktor permodalan/ pendanaan seringkali menjadi faktor utama penghambat proses pembangunan. Oleh karena itu pihak pemerintah Kota Bitung melalui Program Nusantara One, mengedepankan dan mendorong aspek pendanaan mandiri, dimana masing-masing pihak, termasuk setiap jaringan komunitas yang dibangun mampu dan dapat membangun kekuatan.

Iklan