Iklan

Iklan

,

Iklan


Destinasi Wisata Kabupaten Tulang Bawang barat Merupakan Ciri Khas Bumi Rage Sai Mangei Wawai

Republiknews
Senin, 14 Maret 2022, Maret 14, 2022 WIB Last Updated 2022-03-15T07:13:22Z


Tuba Barat -Republik News,

Tulang Bawang barat adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung. Letaknya yang dikelilingi oleh daratan membuat kabupaten ini semakin berkembang dari segi wisata alam yang mempesona.


Meskipun demikian,  di Tulang Bawang Barat, destinasi wisata yang menarik lainnya untuk dikunjungi,.terhampar di berbagai lokasi


Apalagi saat ini, pemerintah telah melonggarkan aturan prokes covid-19, baik di area publik, area wisata dan fasilitas umum lainnya, namun penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan patut dijalankan serta  penggunaan aplikasi Peduli Lindungi. 


Berkunjung ke destinasi wisata di Tulang Bawang Barat, terletak di Desa Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.


 Di sana  bisa menikmati keindahan dari desain Masjid Islamic Center atau Masjid Asmaul Husna dan juga rumah adat khas Lampung yang berdiri secara rapi. 


Ada juga kolam ikan dan Taman Santai, yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat santai bersama keluarga


Kemudian ada Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat. Keempat relief tersebut merupakan penggambaran dari empat tokoh Megow Pak suku Lampung.


 Keempat marga yang terpahat pada relief tersebut adalah Marga Tegamoan, Marga Buay Bulan, Marga Buay Aji dan Marga Suwai Umpu. Lokasinya yang berada di tepi jalan antar kabupaten membuat patung relief ini banyak dikunjungi oleh wisawatan.


Ada juga Uluan Nughik, di Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.


Disini merupakan tempat wisata budaya yang sangat rekomended untuk dikunjungi bagi pecinta budaya dan keindahan alam, karena di sini dapat dinikmati kedua hal tersebut dalam satu lokasi. 


Di Uluan Nughik berdiri rumah-rumah adat, mulai dari rumah adat Lampung, Badui, Surma, Kubu, Burmeso dan masih banyak lagi.


Semua dibangun dalam petak komplek yang mempermudah pengunjung untuk mencari lokasi yang ingin dieksplore.


Sungai di sekitar rumah adat pun juga menambah kesan lokasi wisata ini menjadi lebih menarik.


Di Kampus Tunas Garuda juga, terdapat Taman Kebaikan, Patung Orang Berfikir, Patung Wings/Sayap dan Rumah Adat Lampung. 


Tidak hanya itu saja, terdapat patung Relief Empat Marga yang menggambarkan sejarah  leluhur penduduk Tulang bawang. Destinasi ini dengan mudah ditemui melalui arah pintu Tol. 


Kemudian Tugu Rato Nago bersanding, adalah simbol kekeluargaan masyarakat Lampung yang menghubungkan masa lalu, masa kini dan masa depan.


Sebuah peradaban Islam yang ditandai dengan berdirinya Mesjid Muttaqien sejak abad ke-17, merupakan rumah ibadah pertama umat Islam di Tubaba. 


Masih banyak lagi lokasi wisata  yang wajib di kunjungi serta terbuka untuk umum, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

(Rasyid-)

Iklan