Iklan

Iklan

,

Iklan


Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran APBD 2022 Walikota Bitung Tekankan "Transparasi, Efisien, Efektivitas, dan Akuntabilitas

Republiknews
Kamis, 24 Maret 2022, Maret 24, 2022 WIB Last Updated 2022-03-24T17:27:55Z


Republiknews, Bitung - Wali Kota Bitung, membuka rapat evaluasi perencanaan dan pengangaran APBD Kota Bitung tahun 2022 oleh BPKP Provinsi Sulawesi Utara bertempat di ruang Sinyo Harry Sarundajang Kota Bitung, Kamis (24/03/2022).


Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulut, Beligan Sembiring, Asisten Perekonomian dan pembangunan Drs.H. Sikamang, Inspektur Kota Bitung Youke Senduk, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bitung, Julius Ondang, SPd, MPd, Korwas ABG BPKP Provinsi Sulut, Glen Davies Siwu, serta para perangkat daerah yang hadir.



 Walikota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutan menyampaikan, kegiatan ini di nilai sangat penting dan strategis, dalam mengevaluasi perencanaan dan penganggaran APBD Tahun 2022 yang berbasis kinerja,  guna memperhatikan keterkaitan rencana pendanaan dan keluaran atau hasil yang diharapkan termasuk efisien dalam pencapaian sehingga prinsip-prinsip transparasi, efisien,  efektivitas, dan akuntabilitas dapat dicapai." terang Wali kota.


"Untuk mendukung sistem penganggaran berbasis kinerja yang menetapkan kinerja sebagai tujuan utama maka diperlukan alat ukur kinerja yang jelas dan transparan,  berupa indikator kerja (performance indicator). Indikator kinerja juga diperlukan adanya sasaran yang jelas,  agar kinerja dapat diukur dan diperbandingkan sehingga dapat dinilai efisiensi dan efektivitas, dari pekerjaan yang dilaksanakan serta dana yang telah dikeluarkan untuk output atau kinerja yang telah ditetapkan," ujarnya.


Walikota juga  berharap, agar pelaksanaan kegiatan evaluasi dan perencanaan penganggaran APBD Tahun 2022 oleh BPKP  ini dapat diikuti dengan baik dan seksama oleh semua perangkat Daerah.


"Saya harap kegiatan ini dapat diikuti denga baik oleh semua perangkat daerah dalam rangka pemahaman bersama, terkait perencanaan penganggaran yang berbasis kinerja, yang dapat diimplementasikan di lingkungan pemerintah kota bitung, dalam penyusunan anggaran di masing-masing perangkat daerah," harap Maurits Mantiri.  (*/Suryo)

Iklan