GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Festifal Pesona Selat Lembeh (FPSL) Masuk Dalam Kharisma Event Nasional (KE) 2022

#fpsl #kota bitung


Republiknews, Bitung- Pemerintah dan Masyarakat kota Bitung, mendapat kabar gembira, dengan  Festival Pesona Selat Lembeh, yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nasional (KE) 2022 .


Masuknya kota Bitung kedalam Kharisma Event Nasional (KE) 2022 bukan hal yang mudah, pasalnya,  dari 319 usulan yang masuk dari 34 provinsi di Indonesia dan setelah menjalani kurasi tahap I dan tahap II hanya 110 event yang lolos termasuk FPSL yang ada di kota Bitung.


Masuknya FPSL sebagai event national, harapan Wali kota Bitung, Ir Maurits Mantiri, bisa mempromosikan wisata Bitung,


“Semoga dengan masuknya FPSL di KEN 2022, Pemerintah kota Bitung bisa mempromosikan spot-spot pariwisata yang ada di kota ini dan akan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun internasional di kota yang kita cintai ini,” harap Wali kota Bitung, Senin (7/3/2022).


Tak hanya sektor wisata, Maurits, berharap dengan adanya kegiatan FPSL ini produk – produk lokal dari UMKM semakin dikenal di masyarakat luas.


“Kami berharap produk – produk UMKM yang ada di kota Bitung semakin dikenal oleh masyarakat luas dengan adanya FPSL ini,” ungkap Mantiri.


Hal ini seperti yang dikutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada selasa 1 maret 2022, di situs resmi milik kemenparekraf.go.id, 


Adapun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meluncurkan program “Kharisma Event Nusantara (KE) 2022” di balairung Soesilo Soedarman, gedung Sapta Pesona, Selasa (1/3/2022)


Kharisma Event Nasional  atau yang lebih dikenal dengan sebutan KEN  merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan Pemerintah Daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.


"KE 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event,” 


"Dengan tujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan" ujar Sandiaga


Sandiaga juga memaparkan, ada lima aspek utama dalam pemilihan KE 2022, pertama adalah aspek ide dan potensi inovasi; kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif; ketiga aspek event management; keempat aspek seni pertunjukan dan budaya; serta kelima aspek strategi komunikasi dan media.

Pada tahun 2022 ini, kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi.


Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 Provinsi dan Kabupaten/Kota yang terpilih masuk ke dalam KE 2022. Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas,”  ungkap Sandiaga.


Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa diluncurkannya KEN 2022, merupakan bukti nyata Kemenparekraf dalam mendukung pemulihan ekonomi di bidang pariwisata dan industri parekraf di indonesia sekaligus mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan event yang beragam. Mulai dari event seni budaya, karnaval, kuliner, maupun musik ada dalam agenda kegiatan KEN 2022.


"Kami berharap bahwa event-event yang masuk ke dalam KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para penyelenggara event di seluruh indonesia. Bahwa event dapat diselenggarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan cleanliness, health, safety and environment sustainability (CHSE) yang ketat dan disiplin, juga tetap berkoordinasi dengan satgas covid-19 dan aparat setempat,” kata Sandiaga.


Tak hanya Mentri Sandiaga Uno, Presiden RI Joko Widodo juga menyampaikan dukunganya terkait hal tersebut, seperti  dalam video sambutannya, Joko Widodo mengatakan Kharisma Event Nasional (KE) 2022  yang merangkum event-event 34 provinsi di Indonesia, mulai dari event budaya, olahraga, hingga ekonomi kreatif ini, harus mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia, dan menjadi motor penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif indonesia.


"Saya mengucapkan selamat atas diluncurkannya Kharisma Event Nasional (KE) 2022. Semoga acara ini menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi komunitas budaya, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah untuk mempromosikan kekayaan tradisi, kekayaan budaya, peninggalan bersejarah dan kekayaan alam indonesia,” ujar Joko Widodo (*/Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.