Iklan

Iklan

,

Iklan


Kabupaten Lampung Utara Terima Bantuan 40.000 Bibit Lada dari Litbang Kementrian RI

Republiknews
Kamis, 24 Maret 2022, Maret 24, 2022 WIB Last Updated 2022-03-24T12:13:03Z


Lampung Utara-Republik News,

 Kabupaten Lampung Utara mendapat bantuan 40.000 bibit tanaman Lada dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI). 


Penyerahan secara simbolis oleh Dr. Ir. Gusmaini, M.S., selaku Peneliti pada Puslitbang Perkebunan Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI dan diterima langsung oleh Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M., di Desa Pekurun Udik, Kecamatan Abung Pekurun, Kamis (24/03/2022).


Turut hadir juga, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Utara, Kepala Dinas Pertanian Lampung Utara, Camat Abung Pekurun, Kepala Desa, Petugas Penyuluh, Anggota Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani, Pelaku Niaga, hingga Petani Komoditi Lada. 


“Atas nama pribadi dan selaku Pemerintah Daerah, serta mewakili masyarakat Kabupaten Lampung Utara, saya ucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kementerian Pertanian, khususnya kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Ini jadi penyemangat kami untuk terus berkomitmen mengembalikan kejayaan lada di Lampung Utara,” kata Bupati saat memberikan sambutan.


Saat ini, sambung Bupati, luas lahan perkebunan Lada di Lampung Utara 11.663 hektar (ha), dimana luas lahan yang produktif sebesar 9.272 ha, dengan jumlah produksi 3.500 ton per tahun, atau tingkat produktivitasnya 377 kilogram per ha, dimana jumlah Petani Lada sebanyak  16.724 Kepala Keluarga (KK). 


“Kita ingin perkebunan lada ini dapat terus berkembang, mengingat nilai historisnya, ditambah potensi dan besarnya peluang komoditas lada ke depan,” ujar Bupati. 


Adapun bantuan 40.000 bibit Lada ini akan disalurkan melalui Dinas Pertanian kepada beberapa kelompok tani di tiga Kecamatan yang menjadi bagian kawasan pengembangan tanaman lada,m. Salah satunya di Kecamatan Abung Pekurun, tepatnya di desa Pekurun Udik. 


“Semoga bantuan yang kita terima ini menjadi momentum untuk mengembalikan kejayaan lada di Kabupaten Lampung Utara,” tandas Bupati. (Rasyid/Diskominfo)

Iklan