Iklan

Iklan

,

Iklan


Ketua Umum IWO Jodhi Yudono Berharap Anggota IWO Daerah Cerdas dan Mampu Mendukung Profesinya

Republiknews
Minggu, 27 Maret 2022, Maret 27, 2022 WIB Last Updated 2022-03-28T05:29:09Z

 


Tuba Barat - Republik News,

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO) Jodhi Yudono berharap anggota IWO di daerah cerdas dan memiliki kemampuan guna mendukung profesinya. Hal itu disampaikan saat berkunjung ke sekretariat IWO Tubaba di Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah Minggu (27/3) sekitar pukul 18.30. WIB.


"Di tengah peradaban milenial seperti sekarang ini, selain menulis, wartawan online juga harus memperdalam keilmuan lainnya untuk mendukung profesi jurnalistik seperti keterampilan berbahasa asing, informatika dan media sosial," kata Jodhi.


Salah satu mantan wartawan kompas.com ini menambahkan, wartawan, dalam menulis berita tidak mesti berkutat pada berita hard news atau peristiwa saja, tapi juga bisa menulis berita dalam bentuk feature human interest atau cerita tentang perilaku seseorang yang menyentuh.


"Kita harus berupaya sebisa mungkin menggerakkan orang agar berbuat seperti apa yang kita tulis tanpa berkata kasar atau menyinggung perasaan orang lain, itulah berita feature dan tak semua wartawan menguasainya," imbuhya.


Dalam bidang informatika, Ketum IWO yang didampingi bendahara umum mbak Lia, ketua PW Lampung Riko Amir serta Ketua PW IWO Sumsel Sony dan jajaran pengurus lainnya ini, juga menyinggung bahwa perkembangan informasi sudah sedemikian maju. Wartawan online harusnya juga bisa sedikit mengerti tentang dunia informatika, mengingat rata-rata saat ini anggota IWO khususnya, memiliki perusahaan media online sendiri berupa website.


Sedangkan terkait media sosial, Jodhi mengungkapkan bahwa pengguna medsos tertinggi di dunia adalah Indonesia. Segala informasi mengalir begitu deras setiap detiknya melalui medsos tersebut. Jika wartawan memiliki kemampuan mengelola medsos itu, maka informasi-informasi positif berupa karya jurnalistik wartawan dapat menggerus banyak informasi yang tidak jelas atau hoax yang membuat gaduh masyarakat.


"Ayo saat ini, anggota IWO khususnya selain menulis, mulailah perbanyak kemampuan lainnya seperti fotografi dan videografi, dan jangan lupakan pula ruang kosong yang saat ini jarang di masuki teman-teman wartawan yakni seni dan budaya," tukasnya, sebelum berlalu menuju Kabupaten OKU Selatan untuk melantik pengurus IWO di sana.


Di tempat yang sama, ketua PD IWO Tubaba Arpani menyambut hangat kedatangan Ketum PP IWO Jodhi Yudono beserta rombongan ke kabupaten berjuluk Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini. 


"Kedatangan ketua umum IWO Pusat merupakan sebuah kebanggaan dan anugrah bagi kami seluruh keluarga besar PD IWO Tubaba," kata Arpani.


Arpani mengatakan Kedatangan ketua umum IWO pusat ke Tubaba selain upaya mempererat jalinan bersilaturahmi juga untuk melakukan evaluasi memberikan beberapa poin wejangan terkait tugas-tugas jurnalis yang tergabung dalam organisasi PD IWO Tubaba.


"Sebenernya agenda ketum itu mau ke sumsel ada jadwal program kerja di sana mau melantik ketua PD IWO di wilayah Sumsel kemudian beliau menyempatkan diri singgah kemari," cetusnya.


Saya juga berharap, wartawan yang tergabung di PD IWO Tubaba, dapat terus bersinergi mendukung kemajuan program pembangunan Pemkab Tubaba melalui karya karya jurnalistiknya sebagaimana yang disampaikan Ketum tersebut.


"Pesan-pesan Ketum tadi merupakan masukan yang positif bagi kita semua, kita bekerja tak lain adalah untuk mensejahterakan keluarga, organisasi adalah wadah kita untuk mengabdi kepada masyarakat," pungkasnya. (Rasyid)

Iklan