Iklan

Iklan

,

Iklan


Kodim 1310/ Bitung Tinjau Budidaya Serai Wangi

Republiknews
Rabu, 30 Maret 2022, Maret 30, 2022 WIB Last Updated 2022-03-30T14:44:05Z


Republiknews, Bitung - Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., bersama Assisten III Pemkot Bitung Bpk. Benny Lontoh, melakukan peninjauan budidaya tanaman Serai Wangi, di kelurahan Tendeki , Kec. Matuari Kota Bitung, Rabu, (30/3/2022).


Peninjauan tanaman serai wangi (botani cymbopogon citratus) di dampingi Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Hardi Gue, Danramil 1310-01/Bitung Kapten Inf Fredrik Liwutang dan Pasiter Kodim 1310/Bitung Letda Inf Jouri Wanempru,di lahan milik Ketua Kelompok Tani Pisok Bpk. Welli Doringin.


 Menurut Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., budidaya Serai Wangi ini merupakan salah satu program pertanian yang digagas oleh Kodim 1310/Bitung, dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Bitung serta Kelompok Tani Pisok Kel. Tendeki.


"Tanaman sereh wangi merupakan salah satu tanaman penghasil atsiri yang cukup penting di Indonesia,” terang Dandim.


Disampaikannya pula, kebun percontohan dengan budidaya serai wangi atau botani cymbopogon citratus ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat/petani agar lebih kreatif dalam mengolah hasil panen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, pungkasnya.


Sementara Benny Lontoh meminta jajarannya agar sigap melakukan pendampingan dan terus berupaya menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan serta peningkatan produksi maupun produktivitas komoditas pertanian termasuk perkebunan.


“Tingkatkan nilai tambah, daya saing dan keunggulan setiap komoditas pertanian,” ujar Benny.


"Untuk itulah kami tergerak untuk menjalin mitra dengan Kelompok Tani Pisok. Kedepan akan lebih dikembangkan lagi budidaya tanaman serai wangi ini, dengan menambah luas lahan serta menambah anggota Kelompok Tani Pisok, agar program ini bisa berjalan dengan maksimal".


Budidaya serai wangi ini bertujuan untuk mendongkrak ekonomi petani di kota Bitung, dengan harapan " dapat mengembangkan hasil olahan minyak serai wangi sehingga memiliki nilai jual lebih,”  harap Benny Lontoh didepan Dandim dan petani. (*Suryo)

Iklan