Iklan

Iklan

,

Iklan


Mau Tau,,, Petinggi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Yang di Lantik Jokowi

Republiknews
Minggu, 20 Maret 2022, Maret 20, 2022 WIB Last Updated 2022-03-20T15:16:04Z
Foto sumber: cnbcindonesia.com


Republiknews,-  Presiden Joko Widodo resmi melantik   Bambang Susanto dan Dhony Rahajo, sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) masa jabatan tahun 2022 - 2027,  di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022).


Latar belakang  Bambang Susanto yang memiliki background teknik sipil dan S2 tata kota. Dinilai mumpuni dari sisi pekerjaan sipil hingga pembiayaan.


Hal ini disampaikan, Wakil Ketua Umum Koordinator DPP REI bidang Tata Ruang, Kawasan dan Properti Ramah Lingkungan Hari Ganie,seperti dilansir dari CNBC Indonesia ,Jumat (11/3/2022).


"Dia memiliki background teknik sipil dan S2 tata kota. Beliau itu harus bangun IKN dari nol, sehingga harus mereview kembali rencana Bappenas dan PUPR juga dari ATR. Baik studi kelayakan master plan untuk IKN. Jadi keputusan resminya itu dari pak Bambang," kata Hari.


"Dia pasti bisa lakukan itu karena punya background tata kota dan ahli transportasi. Juga dari VP dari Asian Development Bank (ADB) soal pembiayaan pasti jago banget. Gimana menarik sumber dari internasional skemanya gimana," ungkapnya.


Tugas kepala otorita IKN sangat berat karena harus mengebut. Baik terkait hal penyiapan lahan, sistem perizinan, pembiayaan.


"Itu tidak cukup hanya dengan Undang - Undang atau Peraturan Pemerintah harus ada peraturan Otorita. Makanya itu tugas kepala otorita harus ngebut. Lalu saya melihat Kepala dan Wakilnya kalau saya lihat pilihannya Insyaallah bagus," kata Hari


Selain itu Bambang Susanto didampingi wakilnya Dhony Raharjo, yang sudah terbukti dan sukses sebagai arsitek kota baru swasta yang sukses pertama kali di Indonesia yakni Bumi Serpong Damai (BSD). Dengan menggarap 6.000 hektare lahan sejak tahun 1988.


Sementara untuk kawasan komersial, pengembang besar juga sudah banyak yang memiliki lahan di dekat IKN terutama wilayah Balikpapan dan Samarinda. Hari menyebut ada Ciputra, Agung Podomoro, Sinar Mas, hingga Summarecon.


"Karena nanti disana kan tidak hanya kantor pemerintahan. Tapi ada juga penduduknya sehingga fasilitas swasta seperti sekolah, perumahan, fasilitas kota, rumah sakit, shopping center itu dibutuhkan . dan terbukti swasta mampu membangun itu semua," terang Hari Ganie.


Menurut Hari Ganie juga, sebelum pemilihan Presiden Jokowi juga Bappenas sudah menunjau banyak proyek swasta termasuk BSD.


"Presiden melihat BSD ini sebagai percontohan yang bagus, sehingga diminta kepada Sinarmas meminta orang terbaik BSD diberikan kepada Pemerintah untuk membangun IKN," terangnya.


Hal itulah yang jadi pertimbangan Bambang Susanto dan Dhony Rahajo, sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) (Red-sry)



Sumber

Iklan