Iklan

Iklan

,

Iklan


Vaksinasi Booster Tidak Perlu Tunggu 6 Bulan, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Pemkot Bitung

Republiknews
Kamis, 03 Maret 2022, Maret 03, 2022 WIB Last Updated 2022-03-03T15:09:55Z


Republik news, Bitung-  Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, langsung menindak lanjuti surat edaran Kementrian Kesehatan RI, terkait Vaksinasi Booster.


Hal ini sesuai dengan Surat Edaran yang diterbitkan Kementerian Kesehatan melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor: sr.02.06/ii/1180/2022.


Diketahui surat edaran dari Menteri Kesehatan  RI tersebut terkait penyesuaian pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis lanjutan/Booster bagi masyarakat umum.


Sementara Kadis Kesehatan Pemkot Bitung, Dr Pitter Lumingkewas melalui pres release, Rabu 02,03, 2022, menjelaskan mekanisme dan aturan terkait dengan Surat Edaran yang telah diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI.


Menurut  Dr Pitter, aturan ini di sebutkan bahwa penyuntikan dosis lanjutan bagi masyarakat umum dapat di berikan minimal tiga bulan setelah menerima vaksinasi dosis lengkap (setelah dosis ke dua).


“Interval pemberian dosis lanjutan/booster bagi lansia (usia di atas 60 tahun) dan masyarakat umum dapat di berikan minimal tiga bulan setelah mendapat vaksinasi dosis lengkap (dosis kedua),” terang pitter


sebelumnya vaksinasi booster (dosis 3) ini diberikan dengan jarak penyuntikan minimal enam bulan dari vaksin dosis kedua.


“Setelah diterbitkannya Surat Edaran baru, maka saat ini pelaksanaan vaksinasi lanjutan/booster sudah dapat dilakukan dengan interval tiga bulan, usai melakukan vaksinasi dosis kedua,” terangnya.


Tak hanya itu Dr Potter lumingkewas juga menambahkan, vaksinasi merupakan kunci terwujudnya keberhasilan penanganan pandemi COVID – 19, sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting.


“Vaksinasi dinilai dapat mempertahankan reaksi imunitas atau kekebalan tubuh untuk melawan virus covid-19,” tutupnya (**/Suryo)

Iklan