Iklan

Iklan

,

Iklan


Bersama Polresta, Kodim Hingga BNN, ini yang dilakukan Haris Sukamto saat Sidak

Republiknews
Kamis, 21 April 2022, April 21, 2022 WIB Last Updated 2022-04-21T11:29:12Z


Republiknews, Manado - Dalam rangka membangun komitmen bersih dari Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba(Zero HALINAR), Kakanwil Kemenkumham Sulut, Haris Sukamto memimpin langsung operasi mendadak lewat sidak terhadap seluruh Rutan/Lapas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut, pada Rabu(20/04/22) malam. 


Inspeksi tersebut juga melibatkan Tim Satops Patnal dari Kanwil Kemenkumham Sulut, serta bersinergi dengan Polresta Manado dan Kodim Manado. Turut hadir pula Kepala BNNP Sulut, Brigjen Pol Victor Lasut. 


Melalui arahannya, dalam apel kesiapan, Haris Sukamto mengatakan bahwa tujuan dilakukan inspeksi ini sebagai upaya mendeteksi dini gangguan kamtib dan komitmen penuh dengan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), juga sebagai rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan.


Berbeda dengan sebelumnya, dimana jika ada barang yang ditemukan dalam razia rutin, langsung dimusnahkan. Namun kali ini, Haris ingin melakukan cara simpatik yang menggugah daripada mengedepankan tindakan hukum.


 "HP kita kumpulkan, catat namanya, keluarganya kita panggil untuk membawa barang tersebut. Pendekatan ini merupakan upaya menimbulkan simpatik sehingga memunculkan komitmen untuk tidak mengulang hal serupa." jelas Haris. 


Lanjut dikatakan, " "Mudah mudahan komitmen terbangun dan harus dilaksanakan. Jangan mengecewakan. Kalau kalian tidak mampu, saya akan turun tangan," tegasnya. 


Lebih jauh, Haris mengatakan, bahwa komitmen dalam pemberantasan Halinar ini harus dibangun bersama, supaya saling menjaga. "Yang didalam ini adalah saudara kita, keluarga kita, kita layani sebaik-baiknya," tambah Haris. 


Melalui press realese usai inspeksi, Kakanwil Kemenkimham Sulut ini menegaskan "Dari sidak hari ini tidak ada barang serius yang kami temukan seperti narkoba, ponsel, sajam. Tapi ada barang terlarang yang digunakan dalam Rutan, seperti beberapa logam (sendok dan penggaris besi), kabel, gunting, kartu permainan, dan lainnya, Kami berkomitmen bahwa Lapas / Rutan harus BERSINAR (Bersih dari Narkoba) " 


Diketahui, selain melarang penggunaan barang barang hasil penggeledahan pada blok di Rutan Manado, yang dinilai membahayakan, kepada 15 warga binaan  juga dilakukan tes urine secara acak dan kemudian oleh Kepala BNNP Sulut, Brigjen Pol Victor Lasut menyampaikan hasil dari penggeledahan tak ditemukan benda-benda yang mengarah pada penyalahgunaan narkoba.


Meski tidak ditemukan barang serius, Haris menuturkan " Barang-barang tersebut, harus segera diamankan, karena bisa saja melukai para narapidana ketika terjadi gesekan."  (Tzr)


Iklan