GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Laduna Ilma Tetapkan Puasa Ramadhan 1443 H jatuh Pada 03 April 2022

Lokasi dan suasana sidang isbat Jamaah Laduna Ilma dalam penentuan 1 Ramadhan 1443 H, yang diikuti oleh para Imam Jamaah Laduna Ilma. Kota Sorong, Papua. Jumat(01/04/22)


Republiknews, Pimpinan Pusat Jamaah Laduna Ilma telah menetapkan Puasa Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada Minggu, 03 April 2022. 


Keputusan ini merupakan hasil sidang isbat oleh para Imam Laduna Ilma dalam penentuan Ramadhan 1443 H,  usai rangkaian kegiatan Majelis Besar yang di gelar di Kota Sorong, Papua, pada Senin lalu. 


Ketua Umum Yayasan Laduna Ilma, Haris Wibowo melalui  penyampaiannya, jumat(01/04/22), mengutarakan,   pelaksanaan Puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Minggu,  tanggal 03 April 2022. 


"  Bismillahirohmanirrohiim, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, berdasarkan  musyawarah imam jamaah laduna ilma memutuskan puasa satu romadhon jatuh pada :    hari: Ahad  ,  tgl  : 3 April 2022, demikian penyampaian kami . Tertanda,  ketua yayasan laduna ilma, wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh." 


Melalui penyampaian tersebut, Jamaah Laduna Ilma, serentak memulai shalat tarawih pada Sabtu malam, kemudian sahur pada hari Minggu(03/04/22) dini hari. 


Sementara, pada Jumat, 1 April 2022, 

Pemerintah bakal menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 H melalui Sidang Isbat 


Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, sidang isbat awal Ramadhan 1443 H akan kembali digelar secara luring dan daring.


" Sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Kamaruddin dikutip dari kemenag.go.id.


Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adi menerangkan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap.


Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).


Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.


"Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming," ujar Adib.


Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1443 H.


Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Magrib


Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.


"Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag," tambahnya. (Tzr)








Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.