GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan Masuk Adat Lampung, Gubernur Jakarta Diberi Gelar Tuan Penata Negarou





Tuba  barat - Republik News,

Setelah melalui sejumlah proses pemberian gelar adat, akhirnya Anies Rasyid Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta resmi masuk adat Lampung.


Anies Baswedan mendapatkan gelar 'Tuan Penata Negarou' yang diberikan langsung oleh Herman Artha gelar 'Stand Kuasa Marga' selaku Ketua Federasi Adat 4 Marga Tulang Bawang Barat.


Pemberian gelar adat itu dilaksanakan di Gedung Sesat Agung Bumi Gayo, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) pada Minggu, 08 Mei, 2022 pagi.


Gelar yang disandang Anies Baswedan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Federasi Adat Marga Empat Kabupaten Tulangbawang barat Lampung Nomor SK.007/FAM.IV/TBB/2022. yang ditandatangani oleh Ketua Federasi Adat Marga Empat Herman Artha dan sekertarisya, Abdullah gelar Tuan Tehang Ratu.


Prosesi pemberian gelar disaksikan Bupati Tubaba Ir. H. Umar Ahmad,SP beserta jajaran, Kapolres Tubaba, Lurah dan Kepala  Tiyuh (Desa) se kabupaten setempat.


Anies Baswedan berjanji akan menjaga marwah gelar adat Lampung yang telah dia terima.


”Gelar adat yang diberikan kepada kami tidak pernah saya bayangkan, kita bercita-cita maju bersama, ijinkan dari hati yang paling dalam dan apresiasi kami ucapkan terima kasih, amanah yang kami emban akan kami jaga,” katanya.


Selain itu, Anies Baswedan juga mengapresiasi kemajuan Tubaba. menurutnya Kabupaten Berjuluk Ragem Sai Mangi Waway ini berkembang pesat dalam berbagai sektor.


"Melihat perkembangan kemajuan terutama sektor pendidikan kabupaten Tubaba pantas dijadikan contoh bagi daerah lain. Setiap kita menyelesaikan satu urusan akan menyusul urusan yang baru, semoga kita diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya sehingga bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Anies.


Atas kehadiran dan telah terlaksananya prosesi pengangkatan adat Lampung yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta ini, Umar Ahmad mengucapkan terimakasihnya kepada Anies Baswedan.


Umar Ahmad meyakini Anies Baswedan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat terkhusus Tulang Bawang Barat.


"Selamat datang di Bumi Ragem Sai Mangi Waway dan selamat ber Tubaba," singkat Umar Ahmad kepada Anies Baswedan.


Pemberian gelar adat ini tentunya dilakukan secara sakral sesuai adat istiadat budaya Lampung setempat. Terbukti saat dilaksanakan proses adat tersebut, Anies Baswedan nampak gagah berwibawa dengan mengenakan busana Adat Megou Pak.


Anies Baswedan juga sempat menyapa masyarakat ketika diarak menaiki kereta kencana berkepala burung garuda.  (Rasyid)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.