Iklan

Iklan

,

Iklan


Wakil Walikota Bitung Ajak "Bangkit dan Berjuang Bukan Seremoni" di Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke- 114

Republiknews
Jumat, 20 Mei 2022, Mei 20, 2022 WIB Last Updated 2022-05-20T11:49:04Z


Republiknews, Bitung - Upacara bendera Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke- 114, Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar SE, bertindak sebagai pembina upacara, bertempat di lapangan kantor walikota Bitung, Jum'at (20/05)


Wakil walikota dalam pidato resminya  menyampaikan,Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 pada tahun ini, mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama” ini sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.


Honandar mengajak peringatan Harkitnas bukan hanya di maknai sebagai seremonial saja, namun sebagai bentuk pemahaman esensi sejarah kebangkitan Nasional.


Secara singkat, HH menceritakan sejarah dibalik Harkitnas ini. Sehingga, pada tanggal 20 mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Budi Utomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia.


Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.


 Didirikan oleh dr. Soetomo beserta para mahasiswa STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen) pada tahun 1908. Budi Utomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa indonesia dari bangsa-bangsa lain.


Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.



Wakil Walikota juga menjelaskan, di tengah krisis pandemi covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita harus patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.


"Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai presidensi G20 tahun 2022.Pada presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, r

Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.” terang Honandar.


Hengky Honandar juga mengutip ucapan dr. Soetomo untuk memberikan semangat juang kepada seluruh yang hadir “selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.” 


” Di tengah momentum penanganan nasional covid-19 yang makin membaik dan presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah dr. Soetomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.”  ujar Wakil walikota penuh semangat. (*/Suryo)

Iklan