Iklan

Iklan

,

Iklan


Dialog Para Tokoh Agama Walikota Bitung, "Moderasi Agama Kunci Kerukunan"

Republiknews
Selasa, 28 Juni 2022, Juni 28, 2022 WIB Last Updated 2022-06-28T15:51:09Z


Republiknews, Bitung- Dialog tokoh - tokoh Agama Kota Bitung  dibuka langsung walikota Bitung Ir Maurits Mantriri MM bertempat di Fave Hotel Kota Bitung, Selasa (28/06/22)


Dalam dialog tersebut mengambil tema "Merawat Kerukunan Di Era Moderasi Beragama dalam Bingkai NKRI”


Walikota Bitung, yang beberapa pekan lalu dinobatkan sebagai "Bapak Moderasi" saat kegiatan MTQ ke-29 tingkat provinsi, mengucapkan  terimakasih , kepada para tokoh-tokoh agama yang sudah terlibat dalam pelaksanaan MTQ yang diselenggarakan di Kota Bitung.


Bahkan Kota Bitung bisa mendapat prestasi dengan meraih juara umum dan akan mewakili Provinsi Sulawesi Utara di tingkat Nasional.


Pemahaman moderasi perlu ditelaah dengan bijak dengan wawasan serta sudut pandang yang luas. Kota Bitung dikenal dengan kota multi etnik dan keragaman serta kultur budaya yang majemuk.


“Moderasi ada tingkatannya yang membutuhkan pendalaman serta pemahaman. Jika kita tidak ada wawasan, maka sulit bagi kita melihat itu secara langsung dalam kehidupan ini. Kami berharap dengan adanya pertemuan ini, tidak saja berhenti hari ini, namun akan berlanjut yang mampu membuat sebuah catatan kongkrit hasil kerja lapangan,” ujar Mantiri.


Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan baik ditingkat lokal, nasional, maupun global.


“Hal ini dapat diukur dalam 4 Indikator, diantaranya toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan perilaku beragama yang akomodatif terhadap budaya lokal atau konteks Indonesia yang multi-kultural dan multi guna,” terang Walikota .


Kegiatan ini bertujuan melakukan dialog bersama tokoh-tokoh agama, menampung aspirasi, serta mencari solusi dan mengantisipasi konflik yang mengarah pada sara. 


Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, H. Basri Saenog, S.Ag, M.Pd, Ketua FKUB Kota Bitung, Pdt. Raymon C. Manopo, M.Teol, Nara sumber Ketua MUI Manado KH. Mashar Kinontoa, S.Ag, Penasehat Majelis Gembala KGPM Gembala, Dr. Tedius Batasina, M.Th, Ketua MUI Kota Bitung, Hi. Adburahman Kaluku, Ketua BAMAG Kota Bitung, Pdt. Meyke Meleke, S.Th, Ketua BKSUA Kota Bitung, Pdt. Venda Pangerapan, M.Th, Seluruh Ketua -Ketua BPMW GMIM se-Kota Bitung, Para Tokoh Agama, serta Peserta Dialog.  (*Suryo)

Iklan