Iklan

Iklan

,

Iklan


Pasangan Walikota Bitung Sampaikan Pesan Penting di Hari Lahir Pancasila

Republiknews
Kamis, 02 Juni 2022, Juni 02, 2022 WIB Last Updated 2022-06-02T10:51:52Z


Republiknews, Bitung -   Presiden Indonesia ,Ir Joko Widodo melaksanakan upacara  pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 yang dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (01/06/2022).


Dipilihnya kota Ende, NTT untuk dijadikan pelaksanan upacara Hari lahir Pancasila bukan tanpa sebab  menurut Jokowi, kota tersebut sangat bersejarah bagi Bung Karno.


"Bung Karno adalah proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa yang merenungkan dan merumuskan Pancasila.


Kemudian disahkan di dalam sidang BPUPKI/PPKI sebagai dasar Negara Indonesia. Pancasila menjadi warisan yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia," terang Jokowi.


Jokowi juga mengajak seluruh anak bangsa bersama sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


"Kita wujudkan dengan sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai generasi antar sesama anak bangsa," ucapnya.


Sementara  Wali Kota, Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota, Hengky Honandar mengikuti upacara secara virtual dari Ruang Sidang Lantai IV, Kantor Walikota Bitung bersama Ketua DPRD Kota Bitung, Aldo Ratungalo, Plh Sekda, Forsman Dandel dan unsur Forkopimda, KNPI Kota Bitung dan pramuka.


Ada hal menarik dalam upacara tersebut pasangan walikota Bitung menggunakan pakaian adat daerah Sulawesi Utara.


"Penggunaan pakaian adat ini sesuai arahan pemerintah pusat dan sebagai bagian dari menunjukkan keberagaman adat Indonesia, meski berbeda beda tetapi kita tetap satu bangsa yang kokoh dalam persatuan," terang Maurits-Hengky.


Pasangan walikota Bitung juga mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya generasi muda untuk memaknai nilai - nilai yang terkandung didalam Pancasila.


"Mari sama sama kita rawat Pancasila sebagai sebuah hadiah terbesar yang ditinggal untuk kita menjaga negeri dan bangsa besar ini dalam bingkai persatuan.


 Perkuat gotong- royong dan tetap bersatu padu dalam mensukseskan program pemerintah," ajak pasangan Walikota Bitung Maurits - Hengky.(** )

Iklan