Iklan

Iklan

,

Iklan

Puluhan Personel Polres Aceh Timur Adu Kecepatan Bongkar Pasang Senjata

Republiknews
Kamis, 09 Juni 2022, Juni 09, 2022 WIB Last Updated 2022-06-09T07:14:05Z


Republiknews, Aceh Timur - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 Polres Aceh Timur menggelar sejumlah kegiatan dan perlombaan. Kali ini digelar perlombaan menembak dengan senjata api (senpi) laras pendek dan bongkar pasang senjata laras panjang bertempat di Lapangan Tembak Perbakin Kabupaten Aceh Timur. Kamis, (09/06/2022).



Lomba yang berlangsung selama satu hari ini menggunakan senpi laras pendek milik Baglog Polres Aceh Timur yang diikuti 72 peserta yang terdiri dari Pejabat Utama Polres Aceh Timur, para kapolsek, anggota opsnal (Satintelkam, Satreskrim, Satresnarkoba) dan perwakilan anggota polsek jajaran.


Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. mengatakan, bahwa kegiatan ini selain sebagai ajang kompetisi dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke-76, lomba menembak ini juga untuk meningkatkan kemampuan dan disiplin anggota dalam penggunaan senjata api.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan masing-masing personil Polres Aceh Timur dalam penggunaan senpi.



 Disamping hal tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan disiplin anggota dalam penggunaan senjata api. Penggunaan senpi dalam bertugas agar sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditentukan oleh Dinas Polri," ujar Kapolres.

Sementara pada lomba bongkar pasang senjata laras panjang diikuti 20 peserta berasal dari perwakilan anggota Satintelkam, Satreskrim, Satresnarkoba, Satsamapta, Satpolairud dan polsek jajaran.



Sebelum perlombaan dimulai masing-masing senjata yang akan dibongkar pasang terlebih dahulu dicek oleh Provos Polres Aceh Timur, apakah senjata sudah dalam kondisi aman atau belum.


Dalam kesempatan tersebut Kapolres memberikan arahan dan petunjuknya pada panitia lomba guna kesuksesan kegiatan.


“Faktor keamanan harus diutamakan, dan pada saat lomba panitia harus lebih memperhatikan faktor waktu kecepatan dan ketepatan proses pembongkaran dan pemasangan kembali senjata. Setelah dimulai pembongkaran senjata harus betul-betul diperhatikan item-item senjata yang sudah dibongkar atau belum dan ini menjadi faktor penilaian yang sangat penting,” tegas Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K.



Karena bersaing dan menjadi tontonan, banyak peserta yang grogi sehingga tampak kesulitan dalam memasang senjata. Apalagi ketika melakukan pemasangan, sejumlah penonton yang tak lain rekan mereka sesama polisi terus berteriak sehingga membuat peserta kehilangan kosentrasi.

Tidak sekedar lomba, kegiatan ini juga digelar untuk mengukur kemampuan para anggota Polres Aceh Timur dalam mengenal senjata.


(Rzbn)

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll