Iklan

Iklan

,

Iklan


Tarian kolosal Moderasi Tuai Pujian Gubernur di Pembukaan MTQ ke- 29 Sulawesi Utara

Republiknews
Senin, 13 Juni 2022, Juni 13, 2022 WIB Last Updated 2022-06-14T03:27:31Z


Republiknews, Bitung-  Pelaksanan Musabaqoh Tilawatil Qur'an ( MTQ) ke- 29 tingkat provinsi Sulawesi Utara, resmi di buka oleh Gubernur Sulut bertempat di stadion Dua Sudara, Kota Bitung. Senin(13/05/2023)


Terpantau oleh media ini, ribuan warga sangat antusias berjubel di Stadion Dua Sodara kota Bitung, menjelang pembukaan MTQ ke-29 se- Sulawesi Utara tersebut.


 Kegiatan MTQ tingkat provinsi ini, di buka dengan do'a oleh ketua MUI Sulut, yang  sebelumnya diawali dengan pawai ta'aruf khafilah dan pencanangan pameran moderasi beragama kota Bitung, yang dilepas langsung oleh pasangan walikota Bitung Maurits Mantiri - Hengky Honandar, serta disaksikan unsur Forkompinda dan Tokoh Agama kota Bitung, di lapangan Sari Cakalang tepatnya didepan rumah kediaman wakil walikota Bitung.


 Kota Bitung yang dikenal dengan kerukunan dalam bermasyarakat, di tengah  keragaman dalam berbagai kultur budaya dan agama, di pilih sebagai  ajang dalam kegiatan MTQ ke-29 tingkat provinsi Sulawesi Utara.


Dalam pembukaan acara MTQ yang juga dihadiri langsung Wakil Menteri Agama RI , Zainut Tauhid Sa’adi, peserta disuguhi tarian kolosal  paduan  berbagai budaya daerah atau tarian kolosal moderasi , selain  untuk memeriahkan acara juga sebagai simbul, kerukunan dari berbagai  kultur budaya daerah yang ada di kota Bitung. 


Hal ini selaras dengan penyampaian Wakil Menteri Agama RI,  Zainut Tauhid Sa’adi, saat memberikan sambutan.


"MTQ bertujuan untuk membumikan  Al-Qur'an. "Al- Qur'an mempunyai konsep  begitu indah tentang kehidupan yang rukun, damai dalam keragaman " Ujarnya.


Sementara itu, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey selain membuka secara langsung MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sulut juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Pemkot Bitung serta panitia yang sudah mensukseskan kegiatan tersebut.


Selain itu Gubernur juga memuji kemeriahan tarian  kolosal moderasi yang dibawakan oleh ratusan pelajar di kota Bitung,  serta dukungan untuk MTQ tingkat Nasional diadakan di Sulawesi Utara.


Menurut ketua panitia MTQ ke- 29  Provinsi Sulut, Merianty Dumbela  menjelaskan, 


“Ada 483 orang peserta perwakilan dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara yang turut serta dalam perlombaan akbar tersebut" terangnya.


Adapun cabang kegiatan yang dilombakan dalam MTQ ke- 29 tersebut diantaranya ;


1. seni baca alquran

2. qiraat

3. hafalan alquran

4.tafsir alquran

5. Fahmil /fahm

6. Sahril

7. seni kaligrafi alquran

8. karya tulis ilmiah

Yang  digelar dari tanggal 13 - 19 Juni 2022.


Pembukaan acara tersebut di akhiri dengan pengukuhan Gubernur Sulut dan Walikota Bitung sebagai "Bapak Moderasi  Agama kota Bitung" dan penyerahan BPJS bagi peserta selama pelaksanan MTQ berlangsung.


Selain pasangan walikota Bitung dan pasangan gubernur Sulut, dihadiri juga para Pimpinan Daerah yang ikut serta, Forkompinda, Tokoh Agama dan Masyarakat kota Bitung. ( Suryo)

Iklan