GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kanwil Kemenkumham Sulut jalin Kerjasama dengan Pemkab Bolmut


Republiknews.com, Manado - Kanwil Kemenkumham Sulut jalin kerjasama dengan Pemkab Bolaang Mongondouw Utara(Bolmut) dalam kaitannya pendampingan penyiapan penyusunan produk hukum daerah sebagai upaya membangun pembangunan hukum yang selaras dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan kebutuhan masyarakat. 


Kerjasama ini dimaksud untuk menjamin  pelaksanaan penyusunan produk hukum daerah dalam tataran Pemkab Bolmut  dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenkumham Sulut, Haris Sukamto didampingi Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Rudy Hendra Pakpahan, Kadiv Administrasi, Jonny Pesta Simamora dan Kabid Hukum, Hendra Zachawerus. 


Selain itu, hadir Bupati Kabupaten Bolmut,  Depri Pontoh didampingi Sekretaris Daerah, Jusnan Mokoginta dan Kabag Hukum Pemkab Bolmut, Ivan Gahtan. 


Bupati Bolmut memberikan sambutannya sebelum pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama, dimana ia menyampaikan bahwa maksud dari pelaksaan kerja sama tersebut adalah untuk meningkatkan koordinasi, kemitraan, dan saling menunjang pelaksaaan tugas antara Kanwil Kemenkumham Sulut dengan Pemda Kabupaten Bolmut. 


" Kesepakatan ini merupakan bagian penting atas niat baik kita sekalian yang didasarkan atas asas saling bantu, saling mendukung, dan saling bersinergi, guna menciptakan produk hukum daerah yang disusun dengan cara dan metode yang pasti, baru, dan standar.Yang memiliki legitimasi serta mengacu pada hierarki peraturan perundang-undangan yang mengikat, guna menghindari pembatalan terhadap peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan," pungkasnya.


Kemudian, usai penandatanganan  Nota Kesepakatan Bersama Antara Kanwil Kemenkumham Sulut dengan Pemkab Bolmut tentang Kerja Sama di Bidang Pembentukan Produk Hukum Daerah, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut kepada Bupati Bolmut dan sebaliknya.  


Selanjutnya, Kakanwil Kemenkumham Sulut dalam sambutannya menerangkan bahwa, kesepakatan yang dicapai hari ini , merupakan wujud nyata dari keikutsertaan Kanwil Kemenkumham Sulut untuk mendampingi dan membantu Pemda Kabupaten Bolmut di Bidang Pembentukan Peraturan Daerah.


Dikatakan, hal tersebut berkaitan dengan salah satu tugas utama Kanwil Kemenkumham Sulut sebagai instansi vertikal di daerah untuk membantu Pemda dalam pembangunan hukum.


Lebih lanjut, Haris Sukamto menyebutkan, Kanwil Kemenkumham Sulut dalam pembentukan produk hukum daerah di Provinsi Sulawesi Utara dibantu dengan 16 orang tenaga Perancang Peraturan Perundang-undangan yang telah memiliki sertifikat perancang, sehingga membantu penyusunan produk hukum daerah yang baik dan berkualitas. 

Diharapkan kerja sama antara Pemda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan Kanwil Kemenkumham Sulut tidak hanya dibatasi dalam bidang pembentukan produk hukum saja, namun termasuk di bidang lainnya juga yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Kanwil Kemenkumham Sulut seperti Bidang Keimigrasian, Pemasyarakatan, Kekayaan Intelektual, dan Hak Asasi Manusia serta bidang lainnya yang dapat memberikan manfaat baik bagi Pemda dan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara," tutup Sukamto, di ruang Aula Kanwil Kemenkumham Sulut.21/07/22). (Tzr)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.