Iklan

Iklan

,

Iklan

Kembali Menangi PKKM Kemendikbud Ristek, Unika Ruteng Torehkan Prestasi Secara Nasional

Republiknews
Rabu, 06 Juli 2022, Juli 06, 2022 WIB Last Updated 2022-07-06T04:36:46Z


Manggarai,RepublikNews- Unika Santu Paulus – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng kembali memenangi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada tahun 2022. 


Hal ini merupakan capaian prestisius secara nasional karena hanya 28 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang memenangi kompetisi serupa pada tahun ini. Total dana hibah yang diperoleh Unika Santu Paulus Ruteng dalam PKKM tahun ini adalah Rp 943.017.150 (sembilan ratus empat puluh tiga juta tujuh belas ribu seratus lima puluh rupiah)

Menurut keterangan tertulis yang disampaikan Wakil Ketua Task Force Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Hendrikus Midun, S.Fil., M.Pd. PKKM merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan kampus melalui jalur hibah. 


“Melalui hibah ini, pemerintah merangsang kampus untuk mengembangkan program-program bermutu dalam mengelola program studi dan perguruan tinggi. Rancangan program-program PKKM terkait tiga poin utama yakni kualitas lulusan, kualitas kurikulum dan kualitas dosen.”, terangnya.


Lebih lanjut Dr. Hendrik menyatakan bahwa dalam rangka pencapaian tiga target tersebut, hibah PKKM sangat kompetitif. “Proses seleksi yang sangat ketat dilakukan melalui dua tahap yakni evaluasi dokumen proposal (desk evaluation) dan verifikasi langsung (luring/offline) di hadapan tim verivikator (di Jakarta). Pada tahun 2022, hanya 27 kampus di Indonesia yang memenangkan hibah ini. Unika St. Paulus Ruteng merupakan salah satu diantara 27 kampus yang  menang dan satu-satunya di propinsi NTT”, ungkapnya.


Pada bagian akhir keterangannya, Dr Hendrik menyatakan bahwa prestasi ini merupakan kerja sama semua pihak di kampus Unika Santu Paulus Ruteng.  


“Prestasi ini merupakan hasil dari kerja sama dan kerja keras Tim Task Force yang didukung  penuh oleh pimpinan Unika St. Paulus dan Yayasan Santu Paulus Ruteng”, ujarnya.


Untuk tahun ini, dua program studi (prodi) pada Unika Santu Paulus Ruteng akan menjadi penanggung jawab aktivitas, yaitu Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll