Iklan

Iklan

,

Iklan

Rayakan Misa Perutusan, 704 Mahasiswa Unika Ruteng Siap Turun ke Lokasi KKN

Republiknews
Rabu, 13 Juli 2022, Juli 13, 2022 WIB Last Updated 2022-07-13T09:08:07Z


Manggarai,RepublikNews - 704 mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng yang akan melaksanakan KKN Integratif Lintas Fakultas Tahun 2022 mengikuti misa perutusan pada Rabu (13/07/2022). 


Perayaan misa yang menandai  kesiapan mahasiswa untuk turun ke lokasi KKN itu dipimpin oleh RD. Ignas Semana dan imam konselebran RD Emil Jehadus. Misa yang berlangsung di Aula Missio itu juga menandai berakhirnya seluruh kegiatan pembekalan selama dua hari. 


Dalam kotbahnya, RD Ignas menegaskan pentingnya keutamaan sebagai murid dalam diri mahasiswa peserta KKN. "Kalian harus menjadi seperti para murid dalam kisah Injil hari ini. 


Sebagai murid, setiap kita harus memiliki ilmu, kompetensi, dan hati yang baik. Segala sesuatu yang kita lakukan dengan pertimbangan pikiran, pengetahuan, dan hati yang baik, niscaya akan menghasilkan sesuatu yang baik," ujarnya.

Lebih lanjut, RD Ignas meminta mahasiswa peserta KKN untuk berkontribusi kepada masyarakat tanpa pamrih.


 "Seperti kata kitab suci, kamu telah mendapatkannya secara cuma-cuma, hendaklah kamu memberinya juga secara cuma-cuma, kalian diminta untuk memberikan kontribusi dan pelayanan dengan ikhlas hati," lanjutnya.


Selain itu, Dosen Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris itu juga mengajak mahasiswa KKN untuk memiliki sikap konsisten dan adaptif dalam seluruh kegiatan. "Kalian hendaknya selalu konsisten dengan rencana program yang telah dirancang. Di samping itu, berusahalah untuk cepat beradaptasi dengan berbagai situasi yang ada di lokasi KKN," ujarnya.


Menutup kotbahnya, RD Ignas menyampaikan beberapa pesan. "Akhirnya, saya menyampaikan beberapa pesan bagi kalian yang akan turun ke lokasi KKN. Pertama, bawalah diri kalian apa adanya. Kedua, ciptakan kehadiran yang menyenangkan dan membahagiakan. Ketiga, selalu berusaha bijak dalam semua tindakan. Keempat, berusahalan selalu konsisten dan bertanggung jawab. Kelima, selalu menjadi pribadi yang aktif dan kreatif," pungkasnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, Unika Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan kegiatan KKN Integratif Lintas Fakultas Tahun 2022 di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, yaitu di 57 desa di 5 Kecamatan (Komodo, Mbeliling, Lembor, Lembor Selatan, dan Welak) mulai 14 Juli sampai dengan 20 Agustus 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 704 mahasiswa dari 6 prodi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan 2 prodi pada Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP).



Nestor Madi

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll