Iklan

Iklan

,

Iklan

IWO Toraja Raya Mengecam Tindakan Oknum Kepsek yang Lecehkan Wartawan di Toraja Utara

Republiknews
Jumat, 19 Agustus 2022, Agustus 19, 2022 WIB Last Updated 2022-08-19T14:40:33Z

TORAJA UTARA-REPUBLIK NEWS

Ikatan Wartawan Online (IWO) Toraja Raya, mengecam tindakan oknum Kepala Sekolah di Toraja Utara yang melecehkan Wartawan, Jumat (19/8/2022).


Hal ini disampaikan Ketua IWO Toraja Raya Toto Balalembang, dalam pernyataan persnya. Menurutnya tindakan Kepala Sekolah tersebut telah melecehkan profesi. 


Dimana diketahui sebelunya di SDN 3 Rantepao diduga terjadi pungli erhadap orangtua wali murid dengan berdalih pungutan komite.


Saat dilakukan konfirmasi pada Senin (15/8/2022) oleh dua wartawan dari pedomanrakyat.com Herman Barrung dan Kontributor TVRI Sulsel Layuk Tangke di ruang kerja kepala sekolah, pihak kepala sekolah SDN 3 Rantepao Yohanis Isa Palindangan, bukannya memberikan jawaban klarifikasi, tapi justru menantang dan menakut-nakuti dua wartawan dengan memperlihatkan kartu keanggotaan sebagai LSM dari AI yang tergantung di kantong baju dinas ASN sambil mengeluarkan kata-kata pelecehan.


"Wartawan itu selalu buntu-buntutnya uang. Saya ini anggota LSM yang menjaga asset," kata kepala sekolah kepada wartawan.


Sementara itu Layuk Tangke Kontributor TVRI Sulsel tidak menerimah pernyataan kepala sekolah tersebut, karena dianggap hanya datang mencari uang uang bukan datang mengkonfirmasi.


"Kami hanya datang mengkonfirmasi karena adanya informasi dari masyarakat terkait dugaan pungli, malahan kami dituduh ujung-ujungnya uang," kata Layuk Tangke.


Atas peristiwa tersebut Ketua IWO Toraja Raya mengecam tindakan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SDN 3 Rantepao, menurutnya hal ini adalah pelecehan terhadap profesi wartawan.


"Ini adalah tindakan pelecehan terhadap profesi  wartawan, bila ada oknum yang demikian laporkan saja," singkat Toto Balalembang.


Ia juga meminta kepada semua pihak untuk sama sama memberantas pungli di sekolah apapun modus dan motifnya. 


"Laporkan kami jika ada yang melakukan atau menjalankan praktek praktek pungli di sekolah,  Intinya tidak boleh ada kebijakan yang memberatkan orangtua murid. Dengan dalih apapun itu," ungkapnya.


Selain itu IWO Toraja Raya meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan mengambil tindakan terhadap Kepala Sekolah tersebut.


"Bila perlu di evaluasi secara menyeluruh. Jangan gara-gara tindakan satu kepsek dunia pendidikan di Toraja Utara terganggu, Pemkab dibawah pimpinan bupati yohanis bassang susah payah menata dan memperbaiki sistem pendidikan di toraja utara, tapi akibat perbuatan satu oknum kepsek semua daya dan upaya menata dunia pndidikan jadi berantakan alias sia-sia belaka," tutup Toto Balalembang.

(RASYID)

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll