Iklan

Iklan

,

Iklan

Mahasiswa KKN UNIKA Santu Paulus Ruteng Mengolah Biji Buah Aren Menjadi Kolang-Kaling

Republiknews
Selasa, 09 Agustus 2022, Agustus 09, 2022 WIB Last Updated 2022-08-09T10:04:25Z
KKN Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. | Foto: Nestor Madi


Republiknews, Manggarai - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng mengolah biji buah Aren (Arenga pinata) (masyarakat setempat menyebutnya Wua longko) menjadi kolang-kaling pada Selasa 09 Agustus 2022 di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Yasinta Jelimun, selaku koordinator KKN di desa tersebut menyampaikan bahwa pemanfaatan buah aren menjadi kolang-kaling belum pernah dilakukan oleh warga setempat. 


Buah Aren tidak dilihat sebagai sebuah komoditi ekonomi yang berharga sehingga dibiarkan begitu saja. Padahal, biji buah Aren, jika sudah diubah menjadi kolang kaling, dapat menjadi minuman segar yang kaya manfaat. 


Manfaat yang dapat diperoleh seperti menjaga kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, anti aging (anti penuaan) serta menjaga kekebalan tubuh.


Mikael Minjo sebagai anggota KKN sekaligus penanggung jawab wisata kuliner  yang terlibat dalam kegiatan ini berpendapat bahwa kegiatan ini adalah kegiatan positif yang kami rasakan langsung dari mahasiswa KKN semenjak lembaga ini (Unika Santu Paulus Ruteng) menjadi Universitas.


Kegiatan ini merupakan hal baru dan pertama bagi Desa Cunca Lolos dari sekian kunjungan mahasiswa selama berlangsungnya KKN di Desa ini. 


Kegiatan ini juga diapresiasi oleh Pj. Kepala Desa di Desa Cunca Lolos Gregorius Katijan yang menyatakan bahwa kehadiran dari mahasiswa KKN Unika St.Paulus Rureng sangat memberikan kontribusi teristimewa bagi PKK khususnya pemberdayaan perempuan pada umumnya.


Harapannya kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKN ini, menjadi nilai plus dalam mendukung kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat Desa dan pemulihan ekonomi masyarakati. 


Nestor Madi

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll