GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Maluku Sebagai Sentra Produksi Komoditi

Oleh : R Rasya 

Maluku, Rapubliknews - Maluku bukan saja lumbung ikan, tapi sentra produksi komoditi cengkeh, pala & kopra. Itu kalau mau dipikirkan & diperjuangkan, Setiap tahun tanaman tersebut tidak ada peremajaan & perawatan yang berarti, hingga jumlah tanaman kian berkurang & tidak lagi mampu memberikan nilai tambah lebih bagi masyarakat & daerah.


 Setelah lepas masa kejayaan harga komoditi rempah tersebut di pertengahan tahun 1980-an sampai awal 1990-an, tidak ada lagi cerita kesejahteraan yang bersumber dari komoditi itu.


 Artinya sejak itu praktis pendapatan masyarakat dari perkebunan rempah berkurang drastis & Maluku masuk dalam babakan katagori provinsi miskin hingga saat ini.


 Lebih tragis sejak saat itu masyarakat mulai menggadai tanaman rempah untuk membiayai seluruh kebutuhan hidup, tradisi keagamaan, tradisi sosial & pendidikan anak. 


Praktik terus berlanjut tanpa solusi yang baik di sektor perkebunan & keuangan, termasuk solusi menaikkan & memproteksi harga jual komoditi melalui kebijakan pasar komoditi. 


Walau begitu tidak ada suara keras & tangisan dari pemangku kepentingan seperti mereka menyuarakan LIN di parlemen pusat. Yaa mungkin tangisan karena ada uang besar di depan mata untuk biaya operasi pileg 2024. 




Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.