Iklan

Iklan

,

Iklan

Maluku Sebagai Sentra Produksi Komoditi

Republiknews
Kamis, 25 Agustus 2022, Agustus 25, 2022 WIB Last Updated 2022-08-25T07:34:43Z

Oleh : R Rasya 

Maluku, Rapubliknews - Maluku bukan saja lumbung ikan, tapi sentra produksi komoditi cengkeh, pala & kopra. Itu kalau mau dipikirkan & diperjuangkan, Setiap tahun tanaman tersebut tidak ada peremajaan & perawatan yang berarti, hingga jumlah tanaman kian berkurang & tidak lagi mampu memberikan nilai tambah lebih bagi masyarakat & daerah.


 Setelah lepas masa kejayaan harga komoditi rempah tersebut di pertengahan tahun 1980-an sampai awal 1990-an, tidak ada lagi cerita kesejahteraan yang bersumber dari komoditi itu.


 Artinya sejak itu praktis pendapatan masyarakat dari perkebunan rempah berkurang drastis & Maluku masuk dalam babakan katagori provinsi miskin hingga saat ini.


 Lebih tragis sejak saat itu masyarakat mulai menggadai tanaman rempah untuk membiayai seluruh kebutuhan hidup, tradisi keagamaan, tradisi sosial & pendidikan anak. 


Praktik terus berlanjut tanpa solusi yang baik di sektor perkebunan & keuangan, termasuk solusi menaikkan & memproteksi harga jual komoditi melalui kebijakan pasar komoditi. 


Walau begitu tidak ada suara keras & tangisan dari pemangku kepentingan seperti mereka menyuarakan LIN di parlemen pusat. Yaa mungkin tangisan karena ada uang besar di depan mata untuk biaya operasi pileg 2024. 




Adv 1



Adv ll

 


Adv lll

 


ads iv

 




ads v

 


ads vi

 


ads xiii

 


ads vii

 




ads ix

 




ads x








ads xi

 


ads xii

 




ads viii




Ada xiv


 

ads xv



ads xvi

 


ads xvii

 


ads xviii



ads xix

 


ads xx