GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Masuki Tahun Akademik Baru, 739 Mahasiswa Baru FKIP Unika Ruteng Jalani PKKMB

Keterangn Foto: 739 Mahasiswa baru FKIP Unika Ruteng jalani PKKMB. | Nestor Madi


Ruteng, Republiknews.com – Memasuki tahun akademik yang baru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) mulai Senin (29/08/2022) hingga Rabu (31/08/2022).


 Kegiatan yang dilaksanakan secara tatap muka di kampus Unika Ruteng ini diikuti oleh 739 mahasiswa baru dari 6 (enam) program studi (prodi) dalam lingkup FKIP, yaitu Prodi Pendidikan Teologi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), dan Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD). 


PKKMB FKIP Unika Ruteng tahun ini mengangkat tema “Menjadi Pembelajar Yang Merdeka dan Mandiri di Era Revolusi 4.0”.


Dekan FKIP Unika Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si dalam keterangan tertulisnya menyatakan arti penting PKKMB bagi mahasiswa baru untuk mengenal kampus dan bersosialisasi.


 “PKKMB adalah fase penting bagi mahasiswa dalam mulai menapaki perjalanan akademik mereka di Kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng terutama dalam lingkup FKIP. Mahasiswa baru mendapatkan moment berharga untuk mulai mengenal lebih jauh visi, misi, dan mimpi-mimpi FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng dalam mendidik generasi muda Indonesia yang terbuka, demokratis, manusiawi dan berwawasan ekologis. 


PKKMB juga adalah momentum bagi setiap mahasiswa mulai membangun persahabatan baik di antara mahasiswa baru sendiri maupun dengan mahasiswa (lama), para pimpinan lembaga, para dosen, pegawai yang akan memberikan atmosfer kondusif bagi perjalanan akademik mahasiswa di kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng,” tulis Dr. Maks.


Dalam keterangan yang sama Dr Maks juga menegaskan PKKMB sebagai momentum bagi FKIP Unika Ruteng untuk mengenal mahasiswa barunya. 


“PKKMB juga menjadi momentum penting bagi kampus FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng untuk mengenal mahasiswa baru dengan baik terutama keenam prodi dalam lingkup FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng,” imbuhnya.


Seraya menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru, Dr. Maks lebih lanjut mengungkapkan sejumlah harapannya dari kegiatan PKKMB ini. 


“Sebagai pimpinan FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng, kami menyambut baik dan dengan hati gembira 739 adik-adik mahasiswa baru yang tergabung dalam enam prodi di lingkup FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng. Kami yakin bahwa menjadi mahasiswa di fakultas ini merupakan panggilan hati nurani adik-adik sendiri dan karena itu kami berharap agar nilai tanggung jawab dapat muncul dalam setiap perilaku hidup adik-adik selama menempuh pendidikan di FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng. Kami berharap agar PKKMB dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar adik-adik mahasiswa baru memiliki wawasan yang lengkap tentang UNIKA Santu Paulus Ruteng sebelum benar-benar menapaki perjuangan akademik di kampus ini. PKKMB adalah sebuah titik awal bagi mahasiswa baru untuk menjernihkan kembali niat, tekad, komitmen serta tujuan akhir perjuangan akademik di kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng. Mudah-mudahan para mahasiswa baru dapat menjaga hal ini dengan baik,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB FKIP Unika Ruteng, Fransiskus Nendi, M.Pd. dalam sambutan dalam acara pembukaan (29/08/2022) menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. 


“Kegiatan PKKMB FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng tahun akademik 2022/2023, sebagai kegiatan awal bagi mahasiswa baru FKIP UNIKA yang bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. PKKMB kali ini memilih tema “Menjadi Pembelajar Yang Merdeka Dan Mandiri di Era Revolusi 4.0”, kemudian dikemas ke dalam bebrapa topik seminar seperti yang ada pada rundown acara. Tentu semuanya adalah dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa Yang Merdeka dan Mandiri di Era Revolusi 4.0; mendorong terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antarmahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan; serta mempercepat proses mengenal lebih dekat dan memahami lebih jauh kehidupan kampus yang berciri ilmiah, kolaboratif, rasionalistis, analitis, serta sistematis. Dengan kata lain, PKKMB ini akan membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus sehingga membentuk pola pikir dan cara pandang mahasiswa terhadap masa depan,” terangnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan  bahwa kegiatan PKKMB tahun ini akan menghadirkan nara sumber dari kalangan internal, maupun dari luar kampus yang memiliki keahlian dalam bidangnya. 


“Nara sumber kegiatan PKKMB ini adalah yang berasal dari dalam dan luar kampus yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing,” ujarnya.


Menutup sambutannya, Ketua Panitia PKKMB FKIP Unika Ruteng itu mengungkapkan harapan dan ucapan terima kasih mewakili panitia.


 “Saya mewakili seluruh panitia yang bertugas berharap peserta PKKMB dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik, taat terhadap segala aturan dan tata tertib, serta saling mendukung demi terlaksananya kegiatan ini dengan baik pula. Kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini terutama Ketua Yayasan Santu Paulus, Romo Rektor, Ibu Warek 1, Bapak Marsel selaku Warek II, Romo Warek III, Romo Dekan FKIP, dan seluruh panitia, kami mengucapkan terima aksih atas segala bentuk dukungan, saran, serta bantuan demi tercapainya kegiatan ini,” tutupnya.


Peserta kegiatan PKKMB ini adalah mahasiswa baru dan mahasiswa yang belum pernah mengikuti PKKMB di tahun-tahun akademik sebelumnya.


 Aneka kegiatan akan dilaksanakan di beberapa tempat di dalam kampus, seperti Aula Missio, Gedung Utama Timur, Aula Rosmalen dan di lapangan Utama UNIKA Santu Paulus Ruteng. 


Kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2022. Untuk hari pertama yaitu tanggal 29 Agustus 2022 dilaksanakan pembukaan sekaligus materi (1) Kehidupan berbangsa, bernegara dan pembinaan kesadaran bela Negara; (2) Selayang pandang Unika Santu Paulus Ruteng; (3) Kehidupan Akademik Mahasiswa; (4) Keuangan dan Administrasi Umum Unika St.Paulus Ruteng; (5) Pengembangan Karakter Mahasiswa sebagai Intelektual; (6)  Kesadaran lingkungan hidup, manajemen risiko, dan kampus; (7) Struktur Organisasi BEM FKIP dan Orasi. 


Untuk hari kedua yaitu tanggal 30 Agustus 2022 dilaksanakan seminar tentang (1) Manajemen Perpustakaan Unika Santu Paulus Ruteng: Koleksi, sisitem peminjaman, tata tertib, akses online; (2) Manajemen Peningkatan Lembaga Penjamin Mutu Unika Santu Paulus Ruteng; dan (3) Struktur Organisasi Kemahasiswaan dan UKM; kemudian dilanjutkan dengan Latihan Baris berbaris dan Acara kreatif. 


Untuk hari ketiga yaitu tanggal 31 Agustus 2022, dilaksanakan seminar tentang (1) Pengenalan Program Studi (2) Misa (3) Acara Api Unggun; dan (4) Atraksi Peserta PKKMB dan permainan. 


(Seksi Dokumentasi dan Publikasi Panitia PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng)




Nestor Madi

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.