Iklan

Iklan

,

Iklan

SMK Bina Kusuma Ruteng Mengadakan Berbagai Perlombaan Untuk Memeriahkan HUT RI ke 77 Tahun

Republiknews
Senin, 15 Agustus 2022, Agustus 15, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T10:01:39Z
Kepsek bina kusama ruteng,ketua yayasan dan juri. | Foto: Nestor Madi


Manggarai,RepublikNews.com- Dalam rangka menyambut  HUT RI ke 77 tahun, SMK bina Kusuma ruteng,Kelurahan Carep,Kecamatan Langke Rembong,Kabupaten Manggarai,Provinsi NTT mengadakan berbagai perlombaaan dengan Tema" Perlombaan Tradisional Daerah NTT dan Lomba Peragangan Busana Tradisional NTT. Senin,( 15/08/2022) 


Kegitan yang berlangsung di halaman sekolah SMK bina kusuma itu di mulai pukul 09.00 pagi dan di buka langsung oleh Kepala Sekolah SMK Bina Kusuma Ruteng.


Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK Bina Kusuma Ruteng, Albinus Kaha,Spd., menyampaikan bahwa bulan Agustus merupakan bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia. 


"Saat ini tentunya merupakan waktu untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut negara kesatuan republik Indonesia. Maka dari itu, untuk merayakan hal itu, Hari ini lembaga pendidikan kami mengadakan lomba tari tadisional antar kelas.",Ungkap Albinus.


Ia menambahkan, Akan ada perlombaan peragaan busana dan hari berikutnya akan ada tarian Caci. Di Tingkat satuan pendidikan, kami menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan perayaan HUT RI ini. Kegiatan ini merupakan isntruksi dari Dinas P&K Propinsi NTT, hasilnya akan kami kirimkan ke Dinas P&K Propinsi. Agenda kegiatan adalah 2 hari, untuk hari ini Perlombaan Tari Tradisional yang dinilai oleh 3 juri. 


Ketua yayasan Paulus Gagu yang membuka secara resmi kegiatan hari ini juga menyampaikan pesan singkatnya. Dikatakannya bahwa hari ini adalah hari yg paling menggembirakan dimana hari ini kita merayakan kemerdekaan Negara Kita dari Penjajahan bangsa Asing.


"Lembaga ini terus melestarikan dan mengembangkan tarian-tarian khas masyarakat Manggarai Raya. Salah satu cara untuk mencintai tarian lokal ini adalah pelajar dilatih dan dipentaskan di berbagai event budaya seperti ini," jelas Paulus. 

Peserta Lomba Tarian Tradisional SMK Bina Kusuma Ruteng. | Foto : Nestor Madi

Tak lupa pada pembuka acara, Ia menyampaikan terima kasih kepada semua  Guru & pegawai serta anak2 yang sudah berpartisipasi sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar.


Awal kegiatan ini dibuka dengan atraksi Tarian Ja'i asal Daerah Bajawa yang dibawakan oleh Siswa-siswi dengan luar biasa. Tepuk tangan meriah dari penonton, yang adalah pelajar SMK Bina Kusuma lainnya memberikan semangat kepada para penari.


Berikutnya menyusul Tarian Rangguk Alu, yang dibawakan oleh para Siswa. Kelincahan gerakan para penari membawakan Tarian rangguk alu menambah kesan gagah & mengundang riuh tepung tangan penonton.


Kemudian tarian berikutnya yang dipentaskan oleh siswa SMK Bina Kusuma adalah tarian Caci yang dibawakan oleh kelompok siswa. 


Liukan badan penari dengan iringan musik khas Manggarai mampu memikat pelajar lainnya yang sedang menonton. Mereka menyimak dan menikmati penampilan dari penari Caci di sekolah tersebut.


Seluruh rangkaian kegiatan & atraksi tarian tradisional hari ini berjalan dengan lancar. Dalam wawancara singkat di akhir kegiatan, Kepala sekolah menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan semata2 untuk meraih juara 1, tapi melalui kegiatan ini, siswa-siswi dilatih untuk menjujung tinggi sportivitas dan rasa percaya diri untuk jdi pemenang.


"Tentunya akan ada nilai positif bagi siswa-siswi, dimana bisa melatih kreativitas dan Sportivitas siswa sisiwi.", Ungkap Albinus menutup wawancara dengan media.


Pembina Osis Kristianus Rentang,Spd.,dalam wawancara dengan media pada sela-sela kegiatan menambahkan  bahwa akan ada reward untuk penampipan terbaik.


"Kami merasa sangat antusias dengan diadakannya perlombaan ini. Para guru sudah menyiapkan siswa-siswi kami dengan baik & untuk penampilan terbaik akan ada reward. Untuk esok akan diadakan lagi tarian Caci."Jelas Kristianus.



Nestor Madi

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll