Iklan

Iklan

,

Iklan

HUT Pramuka Ke 61 Tingkat Kuartir Manggarai, Bupati Nabit:"Pramuka Adalah Institusi Yang Mampu Menguatkan Pembinaan Karakter anak."

Republiknews
Kamis, 01 September 2022, September 01, 2022 WIB Last Updated 2022-09-01T13:04:29Z
Bupati Manggarai   Herybertus G.L. Nabit. | Foto:Nestor Madi 

Ruteng,Republiknews.com-Pramuka Kwartir Daerah Manggarai  menggelar Upacara bendera dalam rangka HUT Pramuka ke-61  Lapangan Motang rua, hari ini Rabu 01 September 2022. Upacara ini diikuti oleh ratusan anggota Pramuka Kabupaten Manggarai dari berbagai tingkatan bersama Bupati Manggarai beserta jajarannya.


Upacara kali ini berlangsung dengan khidmat secara luring setelah dua tahun diadakan secara virtual akibat pandemi covid-19. 


Rangkaian upacara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Pancasila, UUD 1945, serta Dasa Darma kemudian dilanjutkan dengan Penampilan beserta atraksi-atraksi yang menarik stelah upacara.


Kali ini tema nasional yang diangkat adalah Mengabdi Tanpa Batas Demi Membangun Ketangguhan Bangsa.


Bupati Manggarai, Heribertus G.L. Nabit saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Pramuka ke 61 ini mengatakan bahwa gerakan Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan salah satu institusi yang mampu menguatkan pembinaan karakter anak.


"Hari Pramuka ini merupakan penguatan komitmen kembali generasi muda Indonesia, terutama gerakan Pramuka sebagai salah satu institusi pembinaan karakter anak, gerakan Pramuka terbukti efektif mendidik karakter anak, sehingga jelas anak-anak Pramuka itu lebih baik karakternya, lebih sopan, lebih berani, dan lebih terampil.", Ungkap Bupati Nabit dalam sambutannya siang ini.


Dalam sambutannya sebagai pembina upacara dalam upacara perayaan ulang tahun Pramuka ke 61 ini, ia juga mengingatkan kembali tentang relevansi Gerakan pramuka di Kabupaten Manggarai. 


Berikutnya Nabit menyampaikan harapan akan momentum ulang tahun pramuka digunakan oleh seluruh anggota pramuka Kuarter cabang pramuka Manggarai untuk merevitalisasi proses pengajaran, sehingga pendidikan pramuka akan sangat mendukung pemdidikan karakter Anak.


"Pentingnya gerakan pramuka untuk mengatasi masalah bersama, yang dihadapi oleh masyarakat manggarai mulai dari masalah anak-anak, balita, remaja dewasa maupun masyarakat umum. Ini menjadi refleksi bagi pramuka, sejauh mana gerakan pramuka hadir untuk mengatasi masalah2 ini. Misalnya: Kita berharap gerakan pramuka jg turut serta dlm penanganan stunting bagi balita-balita di Manggarai. Karna anak-anak adalah calon input masa depan.

Bagaimana gerakan pramuka berkontribusi untuk meningkatkan pendidikan karakter di Kabupaten Manggarai.", Ungkap Bupati Nabit.


Oleh karena itu Bupati Nabit meminta agar kontribusi gerakan Pramuka di Kabupaten Manggarai harus semakin nyata dengan praktik lapangan yang semakin banyak.


Bupati Nabit  juga mengucapkan Trimakasih serta apresiasinya kepada seluruh anggota pengurus Kuarter Pramuka di berbagai tingkatan atas Partisipasi aktif dalam menegakan protokol kesehatan dan juga meningkatkan jumlah vaksinasi di Kabupaten Manggarai.


Dalam wawancara usai berakhirnya rangkaian acara tersebut, Bupati Nabit menyampaikan pesan Terimakasih kepada Quartir Cabang Pramuka Kabupaten  Manggarai yang sdh menyelenggarakan kegiatan beserta atraksi-atraksi yang menarik setelah upacara berlangsung.




Nestor Madi

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll