Iklan

Iklan

,

Iklan

Penganiayaan Dosen Terhadap Mahasiswa Di Kampus Universitas Pattimura Ambon

Republiknews
Selasa, 20 September 2022, September 20, 2022 WIB Last Updated 2022-09-20T01:52:47Z


Ambon, Republiknews.com - Insiden Dosen Menganiyayah salah satu Mahasiswa baru di kampus Unpatti Ambon. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi. Senin(19/09/22). sekitar pukul 14.54 / 15.00 WIT


Menurut keterangan Korban (Abdul Salim Souwakil ),yang telah di hajar oleh Dosennya, bahwa permasalahan bermula dari ketidak tahuan atau ketidak sengajaan RS yang sedang mengobrol sama teman seangkatannya dan tiba-tiba datanglah dosen beriniasial F.W.U. dalam keadaan mabuk atau mengkonsumsi minuman keras (Miras). Insiden itu terjadi tepat di Ruang kuliah C program studi pendidikan ekonomi Unpatti Ambon.


Dalam keadaan mabuk F.W.U bertanya kepada mahasiswa yang sedang berlati tarian khas Melayu persiapan kegiatan bina keakraban program studi yang menjadi tradisi tahunan. Pertanyaan itu oleh F.W.U langsung di jawab oleh RS yang saat itu membelakangi posisi pintu dan tidak tahu bahwa yang bertanya itu adalah seorang dosen, RS mengira bahwa yang bertanya itu adalah teman seangkatannya lantas RS menjawab iyo (iya) kata iyo dalam bahasa ambon sama artinya dengan iya tapi dalam bahasa pendidikan iyo tidak sopan menurut F.W.U kata Uluwiyah Souwakil, lantas Dosen yang mengkonsumsi miras itu adalah bentuk dari tindakan pendidik atau bentuk dari tindakan pemabuk tegas Uluwiya. 


Uluwiyah Menjelaskan bahwa tindakan yang di lakukan oleh Dosen terhadap mahasiswa itu adalah bentuk dari tindakan penganiayaan, menurut UU pasal 351 KUHP maka tidak ada pembenaran dalam bentuk apapun. Uluwiyah meminta kepada pihak kampus khususnya fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) segerah mengambil langkah profesional. Sebelum masalah ini akan semakin meluas di publik karena ini sangat erat kaitanya dengan nama baik Lembaga. 


Uluwiyah kemudian menjelaskan bahwa Fakultas (KIP) adalah Fakultas yang bertajukkan didikan, binaan dll mestinya mencontohakan kepada Publik bukan mencontokan kekerasan Dosen yang berfungsi sebagai pendidik. Ini adalah bukti dari ketidak profesionalnya dosen dan sangat tercermin sebab di ketahui Dosen ini sering mabuk-mabukan di kampus tegasnya.


Saya atas nama Uluwiyah Souwakil ( Mantan Ketua Fokfelmas)meminya kepada Rektor dan Dekan FKIP agar segerah mengusut tuntas tindakan penganiayaan Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi terhadap Mahasiswa atas nama Abdul Salim Souwakil di dalam Ruangan Kuliah C Prodi pendidikan ekonomi dinihari. Tutupnya



Sahril Hitimala

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll