GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Hari Santri Nasional 2022, Ratusan Santri Mengikuti Apel di Balaikota


Republiknews.com, Surabaya - Ratusan santri asal berbagai pondok pesantren mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya, Sabtu (22/10/2022) pagi.


Para santri pria tampak mengenakan sarung dan peci seperti imbauan Kementerian Agama melalui Surat Edaran Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri 2022, yang antara lain menyebutkan bahwa peserta pria harus memakai sarung dan peci selama upacara.


Sejak pagi suasana khidmat sudah terlihat di halaman Taman Surya Balai Kota. Ratusan santri terus bergantian datang memasuki halaman tempat upacara digelar.


Hingga tepat pukul 07.30 WIB rangkaian upacara dimulai. Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya yang juga mengenakan baju putih lengkap dengan sarung dan peci memasuki lapangan upacara.


Upacara Peringatan Hari Santri 2022 bertema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’ dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran dari salah satu santri.


Sebelum acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih, sejarah singkat Hari Santri Nasional dibacakan di halaman upacara.


“Untuk mengenang jasa para pahlawan, kita tundukkan kepala kita sembari berdoa semoga para pahlawan diberikan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Eri memimpin doa.


Dalam kesempatan tersebut Eri Cahyadi juga membacakan surat dari Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama untuk para santri.


“Hari Santri 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” ujar Eri, menutup pembacaan surat dari Menteri Agama.


Upacara kemudian berlanjut dengan penampilan angklung puluhan siswa-siswi SD Muhammadiyah 6 Kota Surabaya, sekaligus menutup seluruh rangkaian upacara dengan sempurna.


Diketahui, sebelum upacara peringatan Hari Santri Nasional di Balai Kota, sehari sebelumnya pada Jumat (21/10/2022) sudah digelar malam tasyakuran di depan kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya


[Redho]



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.