GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Nenek Di Peureulak Tempati Rumah Tidak Layak Huni


Republiknews.com, Aceh Timur - Sudah 77 tahun Indonesia merdeka, namun masih banyak masyarakat menempati rumah yang tidak layak huni. 


Seperti yang terpantau oleh media ini di Dusun Teumpok Teungoh, Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur seorang nenek bernama Tiayat (92) tinggal disebuah rumah dengan kondisi yang memprihatinkan, pasalnya atap rumah bocor dan bolong. 


Diketahui Tiayat mempunyai tiga orang anak dan ketiganya sudah berkeluarga serta sudah mempunyai cucu, akan tetapi mereka tidak ada biaya untuk membantu atau membangun rumah bagi Nek Tiayat. 


Saat media ini mendatangi kediaman Tiayat, dirinya berharap kepada Pemerintah atau pihak terkait agar bisa mendapatkan rumah yang layak untuk dihuni. 


"Saya berharap Pemerintah atau dinas terkait sekiranya bisa meringankan dan membantu kondisi saya yang sudah tua renta namun masih tinggal di rumah yang reot" Katanya, Jum'at (21/10/2022). 


Kemudian, Kepala Desa setempat Ismail melalui Kadus Teumpok Teungoh Hendra Saputra mengatakan bahwa bantuan yang didapati oleh Nek Tiayat sementara waktu ini hanya Bantuan Langsung Tunai (BLT). 


Lebih lanjut dirinya menjelaskan terkait pembangunan rumah rehab atau permanen sudah pernah diajukan namun terkendala akibat pengalihan kepada penanganan Covid - 19 beberapa waktu lalu.


"Di Desa Nek Tiayat hanya BLT yang didapatkan, dan seperti bantuan rehab sudah pernah kami ajukan namun anggarannya sudah alihkan untuk penanganan Covid - 19" Pungkasnya. 


Disamping itu juga perwakilan Kementerian Sosial RI melalui Sentra Balai Insyaf Medan beberapa hari yang lalui sudah turun ke tempat Nek Tiayat untuk melakukan pendataan seperti bantuan lansia, bantuan modal usaha dan lain sebagainya. Namun di lembaga tersebut tidak ada pos untuk pembangunan rumah. 


"Kemarin kami sudah turun juga kesini bersama Sentra Balai Insyaf Medan untuk melakukan pendataan lansia saja dan bantuan usaha, akan tetapi untuk pembangunan rumah belum ada" Tutup Irfan yang merupakan Pendamping PKH Kecamatan Peureulak didampingi oleh Tgk. Muhammad Juarnis


zainal abidin



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.