Iklan

Iklan

,

Iklan

Penertiban dan Penghentian Sementara peredaran Sediaan Syrup di Apotek, Dinkes Manggarai Sidak Semua Apotek.

Republiknews
Selasa, 25 Oktober 2022, Oktober 25, 2022 WIB Last Updated 2022-10-25T04:02:14Z
Kabid SDK Dinkes Manggarai Theresia Gandi dan jajaran saat melakukan sidak di Apotik  Omega Ruteng. Foto : Nestor Madi


Ruteng,Republiknews.com- Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupeten Manggarai,Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan Sidak di beberapa Apotik di wilayah Kecamatan Langke Rembong,Senin( 24/10/2022).


Kabid SDK Dinkes Manggarai, Theresia Gandi dan beberapa petugas dari Dinkes langsung melakukan pengcekan di beberapa Apotik di wilayah Kecamatan Langke Rembong  pukul 10.00 wita. 


"Untuk sementara dari hasil pengecekan sejumlah apotik yang  kami awasi hari ini hampir semua apotik sudah melaksanakan himbauan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai. Jadi, sama sekali tidak ditemukan obat-obat yang sesuai di edarkan oleh Kementrian Kesehatan," Ungkap Theresia Kepada Media.


Hal ini juga bagian dari  tindak lanjut himbauan Kemenkes RI dan BPOM  juga surat yang dilayangkan oleh Dinkes Kabupaten Manggarai.


"Hari ini ada 7 Apotik yang kami datangi untuk melakukan pengecekan yaitu Apotik Banera,Omega,Medika,Rajawali,Kurnia,Motang Rua dan Mira Farma dan mereka sudah mengosongkan penjualan jenis obat cair yang diberhentikan sementara penjualannya," kata Theresia.

Petugas Dinkes Manggarai  saat melakukan  sidak di Apotek Mira Farma Lawir

Lebih lanjut Theresia menyampaikan pengecekan ini tidak hanya di berlakukan pada Apotek di Wilayah Kecamatan Langke Rembong saja  juga akan melakukan yang sama di wilayah Kecamatan lain di Kabupaten Manggarai.


"hari ini kami sudah melakukan Inspeksi Mendadak(sidak) 7 Apotik, besok kami mungkin bergeser keluar dari Wilayah Kecamatan Langke rembong untuk melakukan pemeriksaan  ke Apotik lain," Tutupnya.


Terpisah, Pemilik Apotek Mira Farma Lawir, Dr. Yohanes Romi Irawan menyambut baik dengan langkah Dinkes Kabupaten Manggarai untuk mengecek langsung di setiap Apotek dalam memastikan penyetopan sementara penyaluran Obat Jenis Sirup dan Cair dari peredarannya.


"Saya setuju langkah yang diambil oleh Dinkes Manggarai, Kami sudah dua hari kosongkan, untuk pasien yang beli sirup kami menolak untuk sementara," ungkap Dr.Romi


Kendati demikian, Dr. Romi Irawan berharap agar pemerintah cepat mengumumkan jenis obat yang diproduksi menyebabkan gagal ginjal akut pada Anak.



Nestor Madi


Adv 1



Adv ll

Adv lll