Iklan

Iklan

,

Iklan

Pengerjaan Pembangunan Program TMMD ke 115 Terus Dipercepat

Republiknews
Selasa, 25 Oktober 2022, Oktober 25, 2022 WIB Last Updated 2022-10-25T03:46:02Z


Republiknews.com, Bogor - Capaian pengerjaan pembangunan program tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-115 kodim 0621/kabupaten Bogor sampai hari ini ada beberapa program yang sudah selesai dikerjakan, diantaranya pelebaran jalan, di mana untuk pelebaran jalan sepanjang 1700 meter dengan lebar 10 meter ini sudah 100% dilaksanakan, kemudian untuk pembuatan bahu jalan dibagian kiri dan kanan jalan yang panjangnya 1700 meter juga sudah 100% dikerjakan, lalu pengerjaan yang sudah mencapai 100% lainnya yaitu pembuatan parit jalan dibagian kiri dan kanan jalan dengan panjang 1700 meter. Keterangan tersebut disampaikan oleh Danki SSK Kapten Inf Tatang Taryono. Selasa (25/10).


Selain itu untuk pengerasan jalan sepanjang 1700 meter sudah mencapai 58,82%, kemudian pemasangan gorong-gorong di 4 titik sudah berhasil diselesaikan di dua titik, Itu artinya untuk pemasangan gorong-gorong sudah mencapai 50%, pengecoran jalan kampung sudah sampai pada tahap pemasangan batu dan pengecoran jalan kampung jika dipresentase diperkirakan sudah mencapai 56,96%. Sedangkan untuk pemasangan turap memang baru 10% dari 150 m yang direncanakan atau artinya baru mencapai 15 meter, tambah Tatang.


" Sasaran tambahan lainnya dalam program TMMD kali ini seperti yang kita ketahui ada juga program bedah rumah atau renovasi rumah tidak layak huni yang jumlahnya 2 unit,  1 unit berada di kampung Cijantur dan satu unit lainnya di kampung Cilangkap, untuk keduanya  sudah pada tahap pemasangan atap, jika dihitung persentase renovasi rutilahu sudah mencapai 65%. Selain itu kami juga melaksanakan pengerjaan renovasi mushola di kampung Cijantur, untuk renovasi mushola ini kira-kira tinggal 15% lagi yang akan dikerjakan, karena sampai saat ini pengerjaannya sudah dilakukan sampai 85%, hanya tinggal pembersihan dan pengecatan MCK. sedangkan pembuatan MCK baru mencapai 10% kemudian pembuatan pos kamling 12%." Terangnya.


" Kita ketahui bahwa program TMMD tidak hanya membuat membangun sarana prasarana atau infrastruktur saja akan tetapi pada program TMMD juga dilaksanakan kegiatan yang bersifat non fisik misalnya penyuluhan KB Kes, penyuluhan KB dan kesehatan, lalu penyuluhan pertanian dan lain sebagainya. Untuk penyuluhan KB dan kesehatan itu sudah terlaksana 100%, juga penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara serta penyuluhan stunting dan posyandu yang juga sudah selesai dilaksanakan. Jadi pada kegiatan non fisik program TMMD ke 115 ta 2022 yang belum dilaksanakan yaitu penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan hukum dan Kamtibmas serta penyuluhan keagamaan, yang memang rencananya akan disosialisasikan juga kepada masyarakat Desa Banyuasih Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor." Pungkasnya.


Di tempat berbeda Letkol Kav Gan Gan Rusgandara selaku komandan kodim 0621 kabupaten Bogor menyampaikan bahwa sesuai dengan wacana TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka diharapkan program TMMD ini dapat membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan daerah yang masih tertinggal khususnya pembangunan di daerah terpencil. (Hera)

Adv 1



Adv ll

Adv lll