Iklan

Iklan

,

Iklan

Prodi Kebidanan Unika Ruteng Gelar Seminar Nasional dan Temu Alumni

Republiknews
Minggu, 16 Oktober 2022, Oktober 16, 2022 WIB Last Updated 2022-10-16T04:08:08Z
Ketua Prodi DIII Kebidanan Fransiska Nova Nanur, S.SiT.,M.Kes saat membuka kegiatan dan memaparkan visi-misi prodi, Sabtu (15/10/2022)

Ruteng,Republiknews.com- Unika Santu Paulus - Program Studi (Prodi) D-III Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes), Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan Seminar Nasional dan Temu Alumni, Sabtu (15/10/2022).


 Kegiatan yang dilaksanakan di Aula De Lelilis FIKes itu, dihadiri oleh alumni dari angkatan 2013-2019 dan mahasiswa aktif Prodi Kebidanan. Seminar Nasional dan Temu Alumni yang berlangsung secara hybrid, online dan offline itu merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) DIII Kebidanan, FIKes Unika Santu Paulus Ruteng. 


Ketua Prodi DIII Kebidanan Fransiska Nova Nanur, S.SiT.,M.Kes  hadir untuk membuka dua kegiatan ini. Pada kesempatan yang sama ketua prodi juga memaparkan visi misi prodi kepada semua peserta. Seluruh kegitan dipandu oleh Yunikartika M Sudin Mahasiswa angkatan 2020 sebagai moderator 


Seminar nasional kali ini mengetengahkan tema "Menjadi Entrepreneur yang Inovatif dalam Pelayanan Kebidanan". Tampil sebagai pemateri pertama adalah Ibu Euvanggelia D. Ferdinandus S.Keb.,Bd.,M.Kes. Dosen Prodi Kebidanan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menyajikan materi dengan topik "Peran Entrepreneurship Alumni Kebidanan di Bidang Kesehatan.” 


Dalam penyampaian materinya ibu Eva menegaskan bahwa untuk menjadi entrepreuner dimulai dari mimpi. Untuk menjadi entrepreuner, kita harus berani bermimpi, berani gagal, dan berani sukses selanjutnya harus kreatif dan inovatif,"  tegasnya.  

Dosen dan Alumni Prodi D-III Kebidanan FIKes Unika Santu Paulus Ruteng usai kegiatan Seminar Nasional dan Temu Alumni, Sabtu,( 15/10/2022).

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa peluang bidan dalam entrepreneur misalnya dengan menjadi konten kreator kesehatan, penulis buku kesehatan, dan jasa konstruksi. 


Pada bagian lain materinya, Eva mengingatkan bahwa dalam membuka usaha, seorang bidan harus tetap patuh pada kode etik dan mengutamakan kepuasan pelanggan "Seorang bidan dalam membuka usaha harus sesuai dengan kode etik kebidanan. Dalam entrepreneur yg harus diutamakan adalah Kepuasan pelanggan bukan produksi.” ujarnya.


Sementara itu, pembicara kedua, ibu Silfia Norce Halu SST.,M.PH membawakan materi dengan topik "Peran Leadership Alumni Kebidanan di Bidang Kesehatan". 


Melalui materinya, dosen Prodi D-III Kebidanan FIKes Unika Santu Paulus Ruteng itu menggarisbawahi pentingnya strategi dan kemampuan problem solving dalam leadership seorang bidan profesional. 


Selesai seminar nasional, acara dilanjutkan dengan kegiatan temu dan syering alumni. Hadir sebagai pembawa syering dalam sesi ini adalah  Imelda Rosniyati Dewi, STr.Keb.,M.Keb  dengan materi berjudul "Career Preparation For Education” dan Emelinda Desisaputri, Amd.Keb dengan materi bertajuk "Persiapan Memasuki Dunia Kerja di Bidang Kesehatan.”


Seluruh rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pelantikan Kepengurusan Alumni Prodi D-III Kebidanan oleh ketua Program Studi. Dari hasil pemungutan suara, jabatan ketua alumni  dipercayakan kepada Maria C.L.Centis, M.Tr.Keb dengan perolehan 115 suara




Nestor Madi

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll